PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS VISUAL- SPASIAL PADA KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA 1 TRAWAS MOJOKERTO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kreatifitas visual-spasial anak yang diajar sebelum menggunakan model
pembelajaran STEAM dan setelah menggunakan model pembelajaran STEAM
pada kelompok A TK Negeri Pembina 1 Trawas Mojokerto (2) mendeskripsikan
interaksi model pembelajaran STEAM terhadap kreatifitas visual-spasial pada
kelompok A TK Negeri Pembina 1 Trawas Mojokerto. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan
eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-
Test dengan obyek penelitian pada kelompok A TK Negeri Pembina 1 Trawas
Mojokerto sebanyak 19 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak
perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan
media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah
(Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan
dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan kreatifitas
visual-spasial anak yang diajar sebelum menggunakan model pembelajaran
STEAM dan setelah menggunakan model pembelajaran STEAM pada kelompok
A TK Negeri Pembina 1 Trawas Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi model
pembelajaran STEAM terhadap kreatifitas visual-spasial pada kelompok A TK
Negeri Pembina 1 Trawas Mojokerto
Â
Kata kunci: pembelajaran STEAM, kreatifitas visual-spasial
Referensi
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Darmadi, H. (2018). GURU ABAD 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi.†GUEPEDIA.
Hanifah, N., & Julia, J. (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah
Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. UPI
Sumedang Press.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.
Kencana.
Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun
Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir
Suprarasional.†UPI Sumedang Press.
Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity
with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.
Muis, A. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. LAKSANA.
Mushlih, A., Hj. Rahimah, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Muzdalifah, S. P., Ajeng Ninda Uminar,
S. P., Fildzah Imami, S. P., Inayatul Maula, S. P., Asmidar Parapat, S. P., Puti Lestari, S. P.,
& Lina Khairunnisa, S. P. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik
seputar AUD. Penerbit Mangku Bumi.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.
Pantera Publishing.
Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019).
Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis
Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.
Muhammadiyah University Press.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Cipta, P. H. (2017). SURAT PENCATATAN: Keterampilan Abad
Dan Steam (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Project dalam
Pembelajaran Kimia.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di
Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Setyawati, T. (2018). pemanfaatan web edmodo dalam pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran
bahasa inggris di sma negeri 5 surakarta. Ju
STIT Muhammadiyah, Berau, T. D. P. (2016). Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama
Islam. Deepublish.
Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.
BintangWahyu.
UPI, T. P. I. P. F. I. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 2 Ilmu Pendidikan
Praktis. Jakarta: PT Imperial.
Winarno, B. (2008). Globalisasi: peluang atau ancaman bagi Indonesia. Erlangga.
Wulandari, N. T., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Analisis Unsur Art Pada
Pembelajaran Steam Untuk Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(3), 1 5-141
R.A., Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi. rnal Pendidikan Empirisme: Edisi Juni 2018.