IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Implementasi
Pendidikan Anti Korupsi melalui Profil Pelajaran Pancasila dalam Pembelajaran
di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi Pendidikan
Anti Korupsi melalui Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran di Sekolah
Dasar masih kurang optimal, yang terhambat oleh aktifitas belajar yang kurang,
atensi siswa yang masih sangat kurang dalam pembelajaran. Profil pelajar
Pancasila memiliki tujuan utama dalam menjaga nilai luhur serta moral bangsa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang
digunakan untuk meneliti pada objek yang alamiah. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Anti korupsi melalui Profil Pelajar
Pancasila dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar masih kurang optimal dalam
pembentukan karakter siswa, sehingga perlu di optimalkan dalam pelaksanaan nya
di sekolah dasar.
Â
Kata Kunci: Implementasi; Pendidikan Anti Korupsi; Sekolah Dasar
Referensi
Agus. S. dan Delia M.V. 2015 Peran Pendidikan Anti Korupsi dalam Rangka Mewujudkan
Pembangunan Nasional yang Bersih dari Korupsi. Research and Development Journal
Education Of Educatun. Vol.1, No.2.
Asyafiq. S. 2017. Implementasi Pendidikan Anti Korupsi pada Mata Pelajaran PPkn Berbasis Project
Citizen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Civics. Volume 14, No.2.
Azra, Azyumardi. 2006. Kata Pengantar Pendidikan Anti Korupsi Mengapa Penting. Pendidikan Anti
Korupsi di Perguruan Tinggi. Jakarta: CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Bahri, Syamsul. 2008. Buku Panduan Guru Modul Pendidikan Anti Korupsi Tingkat SMP/Mts.
Jakarta: KPK.
Depdiknas, 2009. Pembinaan Pendidikan Anti Korupsi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.
Jakarta: Depdiknas.
Komisi Pemberantasan Korupsi, 2008. Jakarta. Penerbit Komisi Pemberantasan Korupsi.
Kristiono, N. 2018. Penanaman Nilai Anti Korupsi Bagi Mahasiswa FIS UNNES Melalui Pendidikan
Anti Korupsi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vo;.9, No.1.
Nawawi, I. 2016. Pengembangan Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Kejujuran Di Sekolah Dasar.
Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, Vol. 25, No1.
Novera, E., Daharnis, D., Yeni, E., & Ahmad, F. 2021. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila:
Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia, Jurnal
Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Nurdin, Muhammad. 2014. Pendidikan Anti Korupsi (Strategi Internalisasi Nilai-nilai Islami Dalam
Menumbuhkan Kesadaran Anti Korupsi di Sekolah). Yogyakarta. Ar Ruzz Media.
Rofi, R., & Ambiro, P. A. 2021. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan
Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Edupedia, 5(2), 145-154.
Widyastono, H. 2013. Strategi Implementasi pendidikan anti korupsi di sekolah. Jurnal teknodik,
Volume 17, No.2.
Zainal Arifin, 2011. Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset).