PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA KELOMPOK A TK DHARMA WANITA KEPUHARUM KUTOREJO MOJOKERTO

Penulis

  • Elijanik Elijanik Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
perkembangan keterampilan sosial anak yang diajar sebelum menggunakan
pembelajaran dengan metode bercakap-cakap dan setelah menggunakan
pembelajaran dengan metode bercakap-cakap pada kelompok A TK Dharma
Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi
pembelajaran dengan metode bercakap- cakap terhadap perkembangan
keterampilan sosial pada kelompok A TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo
Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-
Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok A TK Dharma Wanita
Kepuharum Kutorejo Mojokerto sebanyak 25 anak yang terdiri dari 16 anak laki-
laki dan 9 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes
menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis
Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan
pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat
perbedaan perkembangan keterampilan sosial anak yang diajar sebelum
menggunakan pembelajaran dengan metode bercakap-cakap dan setelah
menggunakan pembelajaran dengan metode bercakap-cakap pada kelompok A TK
Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi
pembelajaran dengan metode bercakap-cakap terhadap perkembangan keterampilan
sosial pada kelompok A TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto.

 

Kata kunci: metode bercakap-cakap, keterampilan sosial

Referensi

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Deppen RI, P. P. P. (1986). Peringatan Hari Pers Nasional I, 9 Februari 1985. Departemen

Penerangan R.I., Ditjen Pembinaan Pers dan Grafika, Proyek Pembinaan Pers Tahun

/1986.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.

Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Ingsih, K., Ratnawati, J., Nuryanto, I., & Astuti, S. D. (2018). Pendidikan karakter: Alat peraga

edukatif media interaktif. Deepublish.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun

Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia

Dini dan Dimensi-dimensinya. Prenada Media.

Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa (Diction and Language Style). Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI

SEKOLAH DASAR. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mentari, E. G., Rahayu, M., Rahman, M. H., Lestari, P., Rahma, A., Purwasih, W., Kurniasari, N.,

Khairiah, D., & Wati, Y. E. R. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak

Usia Dini: Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler. Hijaz Pustaka

Mandiri.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating

Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Mertler, C. A. (2019). Introduction to Educational Research. SAGE Publications.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak- kanak, cet ke-2. Jakarta: PT Asdi

Mahasatya.

Muri’ah, P. D. R. H. S., & Wardan, K. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Literasi

Nusantara.

Mushlih, A., Rahimah, Insiyah, M., Muzdalifah, Uminar, A. N., Imami, F., Maula, I., Parapat, A.,

Lestari, P., & Khairunnisa, L. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu

menarik seputar AUD. Penerbit Mangku Bumi.

Nashir, H. (2000). Dinamika politik Muhammadiyah. BIGRAF Pub. / UMM Press.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian.

Pantera Publishing.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah,

dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya

di Sekolah/Madrasah. Kencana.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Muhammadiyah University Press.

Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi, D. P. R. Indonesia. (2015). Jurnal politica:

dinamika masalah politik dalam negeri & hubungan internasional (Issue v. 6,no. 2). Pusat

Pengkajian, Pengolahan data, dan Informasi, Sekretariat Jenderal, Dewan Perwakilan Rakyat,

Republik Indonesia.

Putri, S. U., & Bayuni, T. C. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI

Sumedang Press.

Rachmat, H. H. (2018). Percepatan Pembangunan Kesehatan Di Indonesia: Melandaskan Pada

Paradikma Sehat Dan Pemikiran Dasar Pembangunan Kesehatan. Gadjah Mada University

Press.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di

Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Roopnarine, J., & Johnson, J. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Pendekatan.

Prenada Media.

Siregar, A. (2018). Metode pengajaran bahasa Inggris anak usia dini. Lembaga Penelitian dan

Penulisan Ilmiah AQLI.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online

dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Sudono, A., Tangyong, A. F., Vijaya, E. S., Hadis, F. A., Pangemanan, F., Moeslim, M., Akrab, S.,

& Padmonodewo, S. (2009). Pengembangan Anak Usia Dini. Grasindo.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada

Media.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, F. U. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Grasindo.

Trianto, M. P. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi anak Usia Dini.

Prenada Media.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT.

BintangWahyu.

Wahyuningsih, S. (2009). Panduan Praktis Bagi Pendidik PAUD: Cara Mencerdaskan Si Buah

Hati dalam Berbahasa untuk Anak Usia 3-6 Tahun. PT.Bintang Ilmu.

Yunus, U., Heriyati, P., Lindawati, & Willyarto, M. N. (2019). Branding Perguruan Tinggi di

Era Digital. Penerbit Qiara Media.

Zubaidah, E. (2003). Pengembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Pendidikan Dasar Dan

Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09