PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA STRATEGI BIMBINGAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS 2 SD DIPONEGORO SURABAYA

Penulis

  • Diva Adesya Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Eka Nabilah Syahru Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Azahra Dewi Puspasari Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi
bimbingan langsung pada siswa kelas 2 SD Diponegoro. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 dengan
jumlah siswa 22 orang 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki laki. Lokasi
penelitian adalah di SD Diponegoro Surabaya. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah apakah melalui model pembelajaran Bahasa Indonesia strategi bimbingan
langsung dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di
SD Diponegoro Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes.
Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil observasi guru
dan siswa pada penelitian ini rata-rata sudah berada pada kategori baik.Hasil
dan pembahasan penelitian ini menunjukkan, (1) untuk perencanaan
pembelajaran dengan strategi bimbingan langsung dilakukan dengan persiapan
berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, metode, strategi dan media berupa
rancangan sumber bacaan melalui lembar teks. (2) Implementasi strategi
bimbingan langsung telah meningkatkan pembelajaran membaca siswa, sehingga
suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, (3) Hasil pembelajaran
dengan strategi bimbingan langsung telah mampu meningkatkan kemampuan
membaca permulaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada siklus satu dengan
nilai rata-rata kelas yaitu 68,2% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus
dua siswa sudah mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu 90,9% atau
berada pada kategori sangat baik, (4) Hasil observasi yang telah dilakukan dan
tes yang telah dibuktikan bahwa ada peningkatan presentase sebanyak 22,7% dan
berada di kategori baik,maka dari itu siklus ke 2 dinyatakan telah berhasil
dengan meningkatnya presentasi yang awalnya 68,2% menuju 90,9% dan
bimbingan secara langsung pada siswa telah mengubah kebiasaan belajar siswa
menjadi belajar yang menyenangkan.

 

Kata Kunci : Peningkatan, Strategi Bimbingan Langsung, Membaca.

Referensi

Basuki. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional.

Depdikbud, 1996. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djago, Tarigan. (2002). Modul Bahasa Indonesia. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional.

Djago, Tarigan. (2003). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah. Jakarta: Pusat

Penerbitan Universitas Terbuka.

Permen no 23. (2006). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dan Madrasah

Ibtidaiyah. Tidak diterbitkan

Hanafi Destian, Asih Wiranti,Widiyono, 2022. Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan

Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD di Masa Pandemi.Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09