ANALISIS BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH 19 SURABAYA

Penulis

  • Dewi Masyitoh Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Galu Regita Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Salsabella Apriyani Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui belajar siswa kelas IV dengan
kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah 19 Surabaya. Jenis metode yang
digunakan adalah deskriftif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas
IV SD yang berjumlah 20 orang. Data belajar siswa diperoleh melalui hasil
observasi dan melalui teks lisan oleh karena itu Agar siswa mampu memahami
pembelajaran dengan baik maka siswa harus meningkatkan pembelajaran belajar
yaitu pada kondisi fisik,mental, kebutuhan dan pengetahuan yang baik demi
tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata
pembelajaran belajar siswa melalui angket adalah nilai kategori “Kurangâ€
sebanyak 11 siswa dengan persentase 90/32%, sedangkan nilai kategori “Cukupâ€
sebanyak 9 siswa dengan persentase 9,67%.

 

Kata Kunci: Belajar; Siswa Kelas IV; Kurikulum Merdeka

Referensi

Abdillah, A.W. (2015) Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Arab Kajian

Kitab Ibnu Aqil di Kelas Alfiyyah II Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta Tahun

akademik 2014/2015.Skripsi, 26-52.

Bajuri, A.P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Geografi SMA Swadhipa, Lampung: Universitas Lampung. Skripsi, 56-57

Effendi, (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa

Kelas X Smk Muhammadiyah 03 Sukaraja.Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 1-10.

Kurniasih, N. (2016). Pengaruh Readiness dan Self Confidence terhadap Penguasaan Geometri

Transformasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah

Purworejo.Beta, 9(1), 1-14

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar.Konselor 2(1)

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta:

Kencana.

Sasmita, E. (2013). Pengaruh Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar Dan Manajemen Waktu Terhadap

Motivasi Belajar Mata Diklat Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan Pada Siswa Kelas

X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 2 Sem ar an g ,

Sem a ran g: U N S. S krip s i 1 5 0 -1 60

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Citpa.Thobroni

M. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Undang-Undang Pendidikan Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09