EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Penulis

  • Desti Relinda Qurniawati Universitas Madura

Abstrak

Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum baru yang diterapkan
oleh pemerintah dengan sistem pembelajaran intrakurikuler, mengoptimalkan
konten agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan
menguatkan kompetensi. Kurikulum ini sebagai salah satu bentuk solusi terjadinya
learning loss atau ketertinggalan pembelajaran dalam Pendidikan di Indonesia saat
ini, akibat adanya pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Solichin Abdul
Wahab bahwa parameter atau tolok ukur efektivitas pada suatu program dapat
diukur dengan persamaan = â„Žð‘Žð‘ ð‘–ð‘™
ð‘¡ð‘¢ð‘—ð‘¢ð‘Žð‘›

. Studi ini menggunakan metode penelitian
kepustakaan (library research) dengan metode kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kurikulum merdeka belajar saat ini dilaksanakan dengan
optimal dan sedang berlangsung, meski dalam pelaksanaannya membutuhkan
penyesuaian dari berbagai pihak, baik dari tenaga pengajar, sarana dan prasarana
pendukung serta siswa itu sendiri. Kurikulum merdeka belajar juga dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari nilai akademik yang meningkat
dibanding tahun sebelumnya. Namun penilaian dengan sistem kurikulum merdeka
belajar memiliki efek positif dan negatif, dampak positifnya adalah tidak adanya
tekanan pada siswa dan guru untuk mencapai nilai kelulusan sesuai konten yang
telah ditetapkan, sedangkan dampak negatifnya membuat siswa enggan untuk
berkompetisi.

 

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar; Efektivitas; Prestasi Siswa.

Referensi

Abdul Wahab, Solichin. 1997. Evaluasi Kebijakan Publik. Malang : Fakultas Ilmu Administrasi

Universitas Brawijaya Bekerjasama Dengan Ikip Malang.

Abdul Wahab, Solichin. 2005. Analisis Kebijaksanaan : Dari Formulasi ke Implementasi

Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Danandjaja, J. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Antropologi Indonesia.

Zamjani. I, Dkk. 2020. “Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak.†PUSAT PENELITIAN

KEBIJAKAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Ainia, D. K. 2020. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya

Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.†Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Bustari, Mugni. 2023. Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam

Bukittinggi. Monash University (Australia).

https://www.researchgate.net/publication/367992288

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. 2020. Indonesia education readiness

conducting distance learning in COVID-19 pandemic situation. International Journal of

Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491.

https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. 2021. Learning loss due to school closures during the

COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(17).

https://doi.org/10.1073/pnas.2022376118

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A.

O. 2020. Impact of Coronavirus pandemic on education. Journal of Education and Practice,

(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/JEP/11-13-12

Rahayu, D. S., & Fitriza, Z. 2021. Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia :

Sebuah Studi Literatur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).

Rahayu, Restu Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, Prihantini. 2022.

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. JURNAL BASICEDU.

https://jbasic.org/index.php/basicedu

Robby, S. K. I., Milah, S., & Faiz, A. 2022. Studi Literatur: Integrasi Peran Agama dan Karakter

bagi Sains. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3052–3057.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, Prihantini. 2022. Analisis

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. JURNAL

BASICEDU. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A.,

& Panggung, P. 2021. Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal

Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.

Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. 2021. Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa

Pandemi Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Usanto S. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa.

(https://www.journal.imwi.ac.id/)

Yusuf, A. 2015. Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pada Sma Negeri 1 Buengcala. Jurnal

Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. 2021. Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Warsidah , Neva Satyahadewi, Amriani Amir, Riza Linda, Asri Mulya Ashari. 2022. Implementasi

Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri

No 16 Pontianak Utara http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD

Nua, Faustinus. 2022. Mendikbud-Ristek: Learning Loss Setara Enam Bulan Belajar (Internet).

(cited 9 Juni 2023). Available From: Mendikbud-Ristek: Learning Loss Setara Enam Bulan

Belajar (mediaindonesia.com)

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09