EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Literasi numerasi merupakan keterampilan fundamental yang harus
dimiliki oleh siswa sejak Sekolah Dasar. Literasi numerasi dilaksanakan dengan
berbagai model pembelajaran pendukung seperti model contextual learning
(CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model
contextual learning dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa
sekolah dasar pada pembelajaran matematika materi pengolahan dan penyajian
data. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretest-
posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemudian data
dianalisis menggunakan paired sample t-test. Uji prasyarat yang dilakukan dalam
penelitian ini berupa uji normalitas dan uji homogenitas sebelum dilakukannya uji
parametrik paired sample t-test. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas V
Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan sig. 0,00 < α 0,05. Hal tersebut
menunjukkan bahwa model contextual learning efektif dalam meningkatkan
kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 104208 Cinta Rakyat.
Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui kenaikan nilai rata-rata siswa pada saat
pretest sebesar 81,09 dan pada saat posttest sebesar 85,43.
Â
Kata Kunci: CTL; literasi numerasi; sekolah dasar
Referensi
Anonim. (2016). Gerakan Literasi Nasional.
Anonim. (2020). Penyajian Data. In Penyajian dan Analisis Data (pp. 67–105). Retrieved from
http://digilib.uinsby.ac.id/9793/3/BAB III.pdf
Anonim. (2022). Pengertian Instrumen Tes Esai.
Brigita Manik, Wildan Khairul Umam, Fery Irawan, Meyeti Veronica, Misnawati Misnawati, Alifiah
Nurachmana, & Nirena Ade Christy. (2023). Taman Baca dan Belajar “Ransel Buku†Sebagai
Aksi Nyata Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Buku dan Kegiatan Literasi. Journal of
Student Research, 1(1), 141–158. Retrieved from https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.961
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based
Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik
Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. Retrieved from
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Hartina, L., Rosidin, U., & Suyatna, A. (2019). Pengaruh Penerapan Instrumen Performance
Assessment pada Pembelajaran IPA Berbasis Laboratorium Real terhadap Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 25. Retrieved from
https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.299
Hasan. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Contextual
Teaching and Learning Pada Era New Normal. Indonesian Journal of Educational
Development, 1(4), 630–640. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726
Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And
Learning) Oleh, II(01), 1–12.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan (Vol. 8).
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina
Gogik, 5(2), 13–23.
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. Retrieved from
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341
Mulyandani, N., & Hasyda, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Type Crh, (20), 361–369.
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal
Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. Retrieved from
https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445
Rahma Taher, Desyandri, Y. E. (2023). Tujuan Pendidikan Merdeka Belajar Terhadap Pandangan
Filsafat Humanisme Rahma. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1707–1715.
Razak, Firdha dan Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar
Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Minasatene. MOSHARAFA: Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(1), 133–142.
Rizma, P. (2023). Cara Menghitung KKM yang Benar dan Mudah dilakukan.
Rohman, F. (2021). Kumpulan Simbol Matematika Dasar yang Harus diketahui.
Rustiati, T. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Pada Konsep Operasi
Hitung Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Demostrasi. Jurnal
Pendidikan Abad Ke-21, 1(1), 1–19.
Sitorus, Dina M, Yudhi, Achmad, Anaguna, N. (2023). Pembelajaran Kontekstual Tipe Survey,
Question, Read, Recite, dan Review Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman
Membaca Siswa. Journal of Educational and Language Research, 2(7), 1005–1012.
Yani, F. (2021). Pengaruh Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Dengan
Berbantuan Media Komik Bergerak Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas
Rendah [The Effect of Contextual Approach (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Assisted
by M. Universitas Pendidikan Indonesia, 10(3), 1–16.
Yustinaningrum, B. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa, 4(2), 129–140.