EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dessy Haqiki Wulandari Universitas Negeri Medan

Abstract

Literasi numerasi merupakan keterampilan fundamental yang harus
dimiliki oleh siswa sejak Sekolah Dasar. Literasi numerasi dilaksanakan dengan
berbagai model pembelajaran pendukung seperti model contextual learning
(CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model
contextual learning dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa
sekolah dasar pada pembelajaran matematika materi pengolahan dan penyajian
data. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretest-
posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemudian data
dianalisis menggunakan paired sample t-test. Uji prasyarat yang dilakukan dalam
penelitian ini berupa uji normalitas dan uji homogenitas sebelum dilakukannya uji
parametrik paired sample t-test. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas V
Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan sig. 0,00 < α 0,05. Hal tersebut
menunjukkan bahwa model contextual learning efektif dalam meningkatkan
kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 104208 Cinta Rakyat.
Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui kenaikan nilai rata-rata siswa pada saat
pretest sebesar 81,09 dan pada saat posttest sebesar 85,43.

 

Kata Kunci: CTL; literasi numerasi; sekolah dasar

References

Anonim. (2016). Gerakan Literasi Nasional.

Anonim. (2020). Penyajian Data. In Penyajian dan Analisis Data (pp. 67–105). Retrieved from

http://digilib.uinsby.ac.id/9793/3/BAB III.pdf

Anonim. (2022). Pengertian Instrumen Tes Esai.

Brigita Manik, Wildan Khairul Umam, Fery Irawan, Meyeti Veronica, Misnawati Misnawati, Alifiah

Nurachmana, & Nirena Ade Christy. (2023). Taman Baca dan Belajar “Ransel Buku†Sebagai

Aksi Nyata Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Buku dan Kegiatan Literasi. Journal of

Student Research, 1(1), 141–158. Retrieved from https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.961

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based

Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik

Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. Retrieved from

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030

Hartina, L., Rosidin, U., & Suyatna, A. (2019). Pengaruh Penerapan Instrumen Performance

Assessment pada Pembelajaran IPA Berbasis Laboratorium Real terhadap Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 25. Retrieved from

https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.299

Hasan. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Contextual

Teaching and Learning Pada Era New Normal. Indonesian Journal of Educational

Development, 1(4), 630–640. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726

Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And

Learning) Oleh, II(01), 1–12.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan (Vol. 8).

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina

Gogik, 5(2), 13–23.

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. Retrieved from

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341

Mulyandani, N., & Hasyda, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Type Crh, (20), 361–369.

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and

Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal

Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. Retrieved from

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445

Rahma Taher, Desyandri, Y. E. (2023). Tujuan Pendidikan Merdeka Belajar Terhadap Pandangan

Filsafat Humanisme Rahma. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1707–1715.

Razak, Firdha dan Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar

Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Minasatene. MOSHARAFA: Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(1), 133–142.

Rizma, P. (2023). Cara Menghitung KKM yang Benar dan Mudah dilakukan.

Rohman, F. (2021). Kumpulan Simbol Matematika Dasar yang Harus diketahui.

Rustiati, T. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Pada Konsep Operasi

Hitung Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Demostrasi. Jurnal

Pendidikan Abad Ke-21, 1(1), 1–19.

Sitorus, Dina M, Yudhi, Achmad, Anaguna, N. (2023). Pembelajaran Kontekstual Tipe Survey,

Question, Read, Recite, dan Review Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman

Membaca Siswa. Journal of Educational and Language Research, 2(7), 1005–1012.

Yani, F. (2021). Pengaruh Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Dengan

Berbantuan Media Komik Bergerak Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas

Rendah [The Effect of Contextual Approach (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Assisted

by M. Universitas Pendidikan Indonesia, 10(3), 1–16.

Yustinaningrum, B. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa, 4(2), 129–140.

Published

2023-08-09