HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SD N 01 JAPAN

Authors

  • Dessy Fitria Berlianti Universitas Muria Kudus
  • Fadila Clara Solviana Universitas Muria Kudus
  • Zuhrotul Isnaini Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

Abstract

Motivasi belajar adalah salah satu bentuk untuk dapat meningkatkan
hasil belajar pada siswa. Hal tersebut sejalan dengan tujuan penelitian ini yakni
untuk mengetahui seberapa besarkah hubungan antara motivasi belajar dan hasil
belajar matematika pada siswa kelas 5 di SD 1 japan. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian statistik deskriptif yakni mendeskripsikan atau menggambarkan
data yang telah terkumpul. Teknik analisis data yang nantinya akan peneliti
lakukan ialah dengan analisis deskriptif dan inferensial yang menggunakan uji
normalitas dan tabel test of normality, kemudian melakukan uji linearitas, setelah
2 hal tersebut dianalisis langkah selanjutnya adalah melakukan analisis pengujian
hipotesis dengan menggunakan korelasi product of moment. Didapatkan hasil
yakni terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil
belajar siswa dikelas 5 SD. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel =
0,971>0,361 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima,
sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara motivasi belajar
dengan hasil belajar siswa kelas 5 SD.

 

Kata Kunci : Motivasi belajar; hasil belajar; analisis

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX MTSN 28 JAKARTA PADA MASA PANDEMI PENDAHULUAN Masa Remaja di mulai dari usia 10 hingga 13 tahun dan berakhir padasekitar usia 18 hingga 22 tahun ( Santrock , 2007 ). Remaja pada usia 15-1. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan …, 18(12), 8–16. https://uia.e-

journal.id/guidance/article/view/1472%0Ahttps://uia.e-

journal.id/guidance/article/download/1472/836

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. https://febriliaanjarsari.wordpress.com/2013/01/21/metode-

pembelajaran-matematika-inovatif/

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148.

https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119

Iswayuni, D., Adyatma, S., & Rahman, A. M. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Kurau dan SMA Negeri 1 Bumi Makmur. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(2), 29–38. https://doi.org/10.20527/jpg.v6i2.7739

KE, M. (2016). No Title ججججججج جججج جججججججج ججج .جودة لتقييم مقترح مقياس .March), 11–40)147 ,:جججج ججججج ججججج ججججججج

Liliyafi, O. dan D. S. (2018). Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230

Mahasiswa, M. B. (n.d.). STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA Harbeng Masni 1. 34–45.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Nurwahid, M. (2021). Korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1127–1137. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan kerjasama Melalui Model (PjBL) Berbantu Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran IPS. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 1–12.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30.

https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi

Perkembangan Indonesia, 224–232. https://www.google.co.id/searchq=Persepsi+siswa+pada+pelajaran+matematika%253A+studi+pendahuluan+pada+siswa+yang+menyenangi+game+Nani+Restati+Siregar1+1Mahasiswa+Program+Doktor+Psikologi+Universitas+Gadjah+Mada&oq=Persepsi+siswa+pada+pelajaran+matematika

Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371

Syafii, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 65–74.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.275

Yosi & Yalvema. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. E-Journal, 8(3), 1–10.

Yuwono, A. (2016). Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 6–7. https://doi.org/10.30738/.v4i1.420

Published

2023-08-09