PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 DI SD NEGERI 4 KARANGBENER KABUPATEN KUDUS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar
matematika kelas 5 terhadap prestasi belajar di SD N 4 Karangbener. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan analisa regresi untuk
mengetahui adanya pengaruh antara variabel X yaitu kemandirian belajar siswa
terhadap variabel Y yaitu prestasi belajar matematika. Pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling, diambil sampel sebanyak 18 siswa.
Peneliti mengambil dua jenis instrumen dalam penelitian ini. Data kemandirian
belajar siswa diperoleh dari instrumen yang berbentuk kuisioner (angket) yang
sudah divalidasi dan reliabel. Data prestasi belajar matematika berupa
dokumentasi nilai ulangan harian materi bangun ruang. Uji persyaratan analisis
data yaitu dengan menggunakan Uji Normalitas untuk menguji data yang akan
dianalisis normal atau tidaknya, kemudian dilakukan Uji Linearitas. Selanjutnya
pengujian hipotesis menggunakan Persamaan Regresi, Uji Signifikan Korelasi(uji
T) dan Uji Signifikan Regresi semuanya menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian
menunjukkan ada pengaruh kemandirian belajar matematika kelas 5 terhadap
prestasi belajar di SD N 4 Karangbener.hal tersebut dibuktikan dengan dari taraf
distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t=4,84 ternyata harga ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘”
4,84>ð‘¡ð‘‘ð‘Žð‘“ð‘¡ð‘Žð‘Ÿ 2,11991 atau ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” berada di luar daerah penerimaan Ho
Â
Kata Kunci: Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar; Matematika
Referensi
Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.
Ernawati. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Baubau. JPPI Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, vol
(1), 60.
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.
Masijawati, I., & Labudasari, E. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Masa Pandemi di SDN Sadagori Kota Cirebon. Social, Humanities, and Educational
Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 96. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58317
Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9.
https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879
Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Tehadap Prestasi Belajar Matematiak. 6(1), 73–84.
Ola, S. I., Idris, R., & Baharuddin, B. (2019). Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10934
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528
Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020
Belanisa, Syahidah, ‘Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Berfikir Kritis Terhadap Pemahaman Konsep Matematika ( Survei Pada Mts Swasta Di Kota Tangerang Selatan )’, Jurnal
Pendidikan MIPA, 2.1 (2019), 73–79
Intania Cahyasari dan Retno Mustika Dewi, ‘Kebiasaan Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4.3 (2016), 1–7
<https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/15952>
Safitri, Atika Indah, and Heni Pujiastuti, ‘Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smpn 1 Bojonegara Pada Materi Aljabar’, Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3.1 (2020), 21–28 <https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.41>
Sanita, N, E Elisa, and S Susanna, ‘Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Di SMAN 1 Syamtalira Bayu’, Jurnal Serambi Akademica, 9.6
(2021), 857–64 <http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-
akademika/article/view/3086>