ANALISIS KEVALIDAN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS III SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Binti Umi Malikah Universitas Trunojoyo Madura
  • Ana Naimatul Jannah Universitas Trunojoyo Madura

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan
pengembangan ensiklopedia tematik tema 5 subtema 1 kelas III sekolah dasar
ditinjau dari hasil lembar angket validasi ahli. Ensiklopedia tematik tema 5
subtema 1 adalah salah satu jenis media pembelajaran visual yang memuat materi
tema 5 subtema 1 secara terperinci dan dilengkapi dengan gambar-gambar untuk
memperjelas materi yang disampaikan. Kegiatan validasi dilakukan oleh ahli
materi, ahli bahasa, ahli desain produk, dan ahli desain pembelajaran. Penelitian
ini merupakan salah satu jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model penelitian ADDIE serta teknik pengumpulan data
menggunakan lembar angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ensiklopedia
tematik tema 5 subtema 1 kelas III memperoleh persentase kevalidan sebesar
92,3% dari ahli materi, 87,5% dari ahli bahasa, 98,3% dari ahli media, serta 94,2%
dari ahli desain pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase
rata-rata kevalidan sebesar 93,075% dengan kategori sangat valid sehingga dapat
disimpulkan bahwa ensiklopedia tematik tema 5 subtema 1 dapat dikatakan layak
digunakan dalam proses pembelajaran di kelas III.

 

Kata Kunci: kevalidan; media pembelajaran; ensiklopedia

Referensi

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Devi, R. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SD Negeri 05 Beji Pemalang. [Skripsi]. [Semarang(Indonesia)]: Universitas Negeri Semarang.

Dewanti, S., & Ilmi, B. (2022). Pemanfaatan Ensiklopedia Sebagai Penambah Pengetahuan Pemustaka di Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo. Bibliotika: Jurnal Kajian

Perpustakaan dan Informasi. 169-178.

Handayani. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Sebagai Media Pembelajaran. [Skripsi]. [Bandar Lampung(Indonesia)]: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hermawan, Y. C., Juliani, I. W., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna. 34-44.

Hidayah, N., Putro, S., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD. Jurnal Educatio. 27-33.

Ismawati. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada pembelajaran Tematik Terpadu Pada Muatan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas IV SDN 3/IX Senaung. Jurnal Literasosiologi. 14-27.

Lambardo, F. (2020). Ensiklopedia Kain Songket Berbasis Android. Jurnal Informanika. 12-22.

Mulyani, T., & Armiati. (2021). Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA): Literature Review. Jurnal EcoGen. 293-305.

Mutaqin, E. J., Asyari, L., Nadiroti Muslihah, N., & Sukma Nugraha, W. (2020). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pekemas. 18-22.

Nuraini, & Abidin, Z. (2020). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Terintegratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 49-62.

Nurkhayati, & Santi, U. A. (2017). Pengaruh Model Tematik Terhadap Kreativitas Guru Dalam Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Jagakarsa 09 Pagi. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD. 87-94.

Nurmadiah. (2014). Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban 2. 41-54.

Ramansyah, W. (2012). Strategi Pembelajaran. Bangkalan: UTM Press.

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 103-114.

Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di Kelas Desain Permodelan dan Informasi

Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. 23-27.

Tegeh, I. M., Jampel, I., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Ubaidillah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Ensiklopedia Berbasis Bioedupreneurship. Jurnal Pendidikan Sains. 32-40.

Wati, R. E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Zahroya, I. U., Sari, T. T., & Meita, N. M. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Tematik pada Kelas III di SDN Patean II. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar. 94-103

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09