PENERAPAN PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL PADA KELOMPOK B TK TUNAS PUTRA MOJOREJO KEMLAGI MOJOKERTO

Penulis

  • Betty Kristianisngsih Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan keaksaraan awal anak yang diajar sebelum menggunakan permainan
kartu huruf bergambar dan setelah menggunakan permainan kartu huruf bergambar
pada kelompok B TK Tunas Putra Mojorejo Kemlagi Mojokerto (2)
mendeskripsikan interaksi permainan kartu huruf bergambar terhadap
kemampuan keaksaraan awal pada kelompok B TK Tunas Putra Mojorejo Kemlagi
Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-
Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok B TK Tunas Putra
Mojorejo Kemlagi Mojokerto sebanyak 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki-
laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan
tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis
Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan
pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat
perbedaan kemampuan keaksaraan awal anak yang diajar sebelum menggunakan
permainan kartu huruf bergambar dan setelah menggunakan permainan kartu
huruf bergambar pada kelompok B TK Tunas Putra Mojorejo Kemlagi
Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi permainan kartu huruf bergambar terhadap
kemampuan keaksaraan awal pada kelompok B TK Tunas Putra Mojorejo Kemlagi
Mojokerto.

 

Kata kunci: kartu huruf bergambar, kemampuan keaksaraan awal

Referensi

Agusniatih, A., Manopa, J. M., & Anggarasari, N. H. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.Kencana

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Ispirmaningati. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf Bagi Anak Kelompok B Semester I TK Wiyata Praja Desa Grogol, Sukoharjo Tahun 2015/2016, Jurnal Pendidikan Konvergensi: Edisi April 2017. Sang Surya Media.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Mufarohah, U. T. (2018). Bunga Rampai Pendidikan (Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.

Munawar, S., & Mahendrawanto, I. (2019). Rumah (Baca) Kita. Deepublish.

Mushlih, A., Hj. Rahimah, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Muzdalifah, S. P., Ajeng Ninda Uminar, S. P., Fildzah Imami, S. P., Inayatul Maula, S. P., Asmidar Parapat, S. P., Puti Lestari, S. P., & Lina Khairunnisa, S. P. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Penerbit Mangku Bumi.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.

Nurjaman, A. (2018). Dari Biasa, Jadi Luar Biasa. GUEPEDIA.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di Sekolah, dari Teori ke Praktik. Nilacakra.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Muhammadiyah University Press.

Puspitasari, I., Sari, D. A., Dewi, R. S., Wati, D. E., Lubis, M., Rachmat, I. F., & Cahyati, N. (2020). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi

Muhammadiyah. EDU PUBLISHER.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian DiBidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sang, Y. (2017). Expanded Territories of Literacy: New Literacies and Multiliteracies. Journal of Education and Practice, 8.8.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT. BintangWahyu.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09