ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ade Firmannandya Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Seorang guru perlu menyiapkan perangkat pembelajaran dengan
memperhatikan model pembelajaran inovatif, media konkrit dan media berbasis
IT. Demikian juga pada mapel Pendidikan Pancasila agar menjadi mata pelajaran
yang menarik dan diterapkan dalam kehidupan oleh peserta didik. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul ajar mata pelajaran
Pendidikan Pancasila yang telah disusun oleh guru SD/MI Muhammadiyah
Surabaya. Penelitian kualitatif, dengan metode dokumentasi, wawancara dan
kuesioner. Analisis data dengan reduksi, penyajian dan simpulan. Hasil penelitian
Guru telah mampu menyusun Modul Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
dengan memilih model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Tujuannya agar
pembelajaran jadi menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Namun, masih
diperlukan penyesuaian pengunaan istilah, perlu evaluasi dan refleksi perbedaan
pertanyaan pemantik dan apersepsi. Pemilihan media berbasis IT hendaknya lebih
pada fakta, dapat juga dipilih media konkrit dari kehidupan kehidupan nyata.
Asesmen yang dibuat mencakup kecerdasan akademik dan emosional, yang di
wujudkan dalam bentuk tes dan non tes untuk memenuhi Profil Pelajar Pancasila.

 

Kata Kunci: fakta; kecerdasan emosional; media pembelajaran; PBL; Pendidikan
Pancasila

Referensi

Dari buku

Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A A Gde Satia Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Susila, M. (2022). Metodologi Penelitian (Cetakan 1). Pena Persada.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. I. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Husnu Abadi (ed.); Cetakan I,). Penerbit Pustaka Ilmu.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); Cetakan I). PENERBIT KBM INDONESIA. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book Metodologi Penelitian Syafrida.pdf

Bagian dari Buku

Martati, B. (2021). Peran Akademisi Dalam Mengedukasi Masyarakat untuk Menghadapi Pandemi Covid-19. In Sujinah (Ed.), KONTRIBUSI KAMPUS UNTUK NEGERI DI ERA PANDEMI

(Pertama, p. 291). Edulitera. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6404

Martati, B. (2022). Pengembangan Konsep Diri Dalam Upaya Pendidikan Karakter Melalui Teknik Klarifikasi Nilai. In A. Syamsi (Ed.), BUNGA RAMPAI ASOSIASI DOKTOR PENDIDIKAN

DASAR INDONESIA TEORI, IMPLIKASI, DAN IMPLEMENTASI DI KELAS (Pertama, p. 284). Penerbit CV. Pena Persada. https://repository.um-surabaya.ac.id/6403/

Dari Jurnal

Abdullah, A. (2017). Pendekatan Dan Model Pembelajaraan yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 1(1). http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/45

Ahmar, H., Budi, P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & Khaidir, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based learning : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Edisi Khusus. https://journal.um-

surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/3949

Christiana, E. (2019). Identifikasi Bentuk kekerasan dan Penangannya di Lingkungan Sekolah Dasar. Child Education Journal, 1(1). http://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1368

Martati, B., Suryaningtyas, W., & Hariyadi, M. (2019). Moral Value Of Lokal Wisdom-Based Learning At University Of Muhammadiyah Surabaya: Indonesian Case. Humanities & Social

Sciences Reviews, 7(3), 382–388. https://doi.org/https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7356

Martati, B., & Yunianti, S. (2021). Habit and Exemplary Applied to Optimize the Intelligence of Muhammadiyah Elementary School Students in Surabaya City. Middle European Scientific Bulletin, 15. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6685

Maulidiya, M., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-

madrasah/article/view/1882

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Indonesia Jurnal Sakinah, 2(1). https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09