PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Azahra Arum Pramesti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fidyawati Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Tisna Rizky Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Motivasi belajar siswa merupakan suatu hal yang penting untuk
diperhatikan. Karena moivasi belajar siswa dapat mempengaruhi capaian tujuan
pembelajaran. Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam mencapai
keberhasilan akademik. Guru memegang peran yang sangat penting dalam
mempengaruhi motivasi belajar siswa. Serta, guru memiliki tanggung jawab untuk
membuat lingkungan pembelajaran yang menarik dan memberikan pembelajaran
yang bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran
guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SDN Bareng 3, sekar.
Sedangkan analisis data wawncara diperoleh dari hasil wawancara dengan guru
kelas VI SDN Bareng 3, Sekar. Kesimpulan dalam penlitian ini menunjukkan
bahwa peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu meiputi; 1)
Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa, 2)
Mengakomodasi kebutuhan Individual siswa, 3) Menghubungkan materi
pembelajaran dengan kehidupan nyata dan masa depan siswa, 4) Memberikan
penghargaan kepada siswa dalam bentuk pujian, pengakuan, dan umpan balik
positif atas prestasi mereka, 5) Mengkreasikan kegiatan pembelajaran yang
menarik, 6) Menciptakan suasana pembelajaran yang aman dan nyaman.

 

Kata kunci: motivasi belajar, peran guru, siswa

Referensi

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 1–13.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.

Muhammad, M., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-

Kota Surabaya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 949. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2194

Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas V SDN tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 1.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09