PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR / FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA I PUNGGING MOJOKERTO
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan berhitung permulaan anak yang diajar sebelum menggunakan media
kartu angka bergambar / flashcard dan setelah menggunakan media kartu angka
bergambar / flashcard pada kelompok B TK Negeri Pembina I Pungging
Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi media kartu angka bergambar / flashcard
terhadap kemampuan berhitung permulaan pada kelompok B TK Negeri Pembina
I Pungging Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group
Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok B TK Negeri Pembina
I Pungging Mojokerto sebanyak 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4
anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes
menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis
Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan
pada pengamatan dua kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat
perbedaan kemampuan berhitung permulaan anak yang diajar sebelum
menggunakan media kartu angka bergambar / flashcard dan setelah menggunakan
media kartu angka bergambar / flashcard pada kelompok B TK Negeri Pembina I
Pungging Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi media kartu angka bergambar /
flashcard terhadap kemampuan berhitung permulaan pada kelompok B TK Negeri
Pembina I Pungging Mojokerto
Â
Kata kunci: kartu angka bergambar / flashcard, berhitung permulaan
Â
Referensi
Anisa, E., Jaya, I., & Yeni, I. (2019). Pengaruh Permainan Mengubur Angka terhadap Kemampuan
Mengenal Angka di Pendidikan Anak Usia Dini Maghfirah Kota Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(1), 24– 31.
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Bastian, I. (2006). Akuntansi Pendidikan. Erlangga.
Darmadi. (2017). Kecerdasan Spiritual. Guepedia.
Habibi, M. A. M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.
Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir
Suprarasional.†UPI Sumedang Press.
M. Fadlillah, M. P. I. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.
Maryanto, Daniel, A. (2008). Jurnal Dwija Utama. Sang Surya Media.
Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.
Mushlih, A., Hj. Rahimah, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Muzdalifah, S. P., Ajeng Ninda Uminar,S. P., Fildzah Imami, S. P., Inayatul Maula, S. P., Asmidar Parapat, S. P., Puti Lestari, S. P., & Lina Khairunnisa, S. P. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Penerbit Mangku Bumi.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.
Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan
Dan Kebudayaan, 9(2), 160–171.
Nurhayati, N., & Kharizmi, M. (2020). PENGGUNAAN MEDIA STIK ES KRIM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TKS TIGA SERANGKAI GEULUMPANG SULU TIMUR. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 1(1).