REVITALISASI PENGUATAN PROFIL PENGAJAR PANCASILA (P4) : PENYATUAN KELOMPOK PELAJAR PANCASILA YANG KREATIF, UNTUK MENSTIMULASI PELAJAR YANG PANCASILA DI ERA GLOBALISASI

Penulis

  • Arman Mangaratua Sitorus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstrak

Penguatan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia sangat
penting untuk saat ini. Salah satu alasan persaingan global yang cepat adalah
evolusi atau revolusi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P4) melalui penciptaan kegiatan yang menerapkan kurikulum
Merdeka dikaitkan dengan Masalah-masalah Sosial Yang ada didalamnya.
Penelitian ini juga menggunakan jenis Metode penelitian Kuantitatif yaitu
pendekatan-pendekatan terhadap kajian empiris untuk mengumpulkan,
menganalisis, dan menampilkan data dalam bentuk numerik (angka) daripada
naratif. Revitalisasi yang akan dilakukan ini dapat mengurangi masalah sosial
yang ada di era Globalisasi ini. Rendahnya kebutuhan masyarakat akan interaksi
sosial berdampak pada nilai-nilai sosial masyarakat yang lambat laun terabaikan.
Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat masyarakat bisa kehilangan jati
dirinya sebagai manusia. Di sisi lain, pengelolaan dan pengembangan teknologi
di masyarakat sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan global yang
semakin ketat. keberhasilan pelaksanaan proyek merupakan prestasi dalam
kurikulum, pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila masuk dalam
rumusan Kepmendikbudristek No. 56/M/2022, yang menyangkut belajar
pedoman Implementasi kurikulum dalam kerangka Learning Recovery, yang
menyatakan bahwa struktur kurikulum di tingkat PAUD dan pendidikan dasar
dan menengah terdiri dari kegiatan pembelajaran dalam kursus dan proyek untuk
memperkuat profil Pancasila. Kelas pemerataan terdiri dari mata pelajaran
kelompok umum dan pemberdayaan dan keterampilan berdasarkan profil siswa
pancasila.

 

Kata Kunci : Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P4)

Referensi

Dari Jurnal

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170-5175.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1).

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46-57.

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. EDUPEDIA, 6(1), 55-63.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.

Saputra, R., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 10(1), 87-98.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 413-420.

Dari Buku

Jufri, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09