PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA MANDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK A TK ISLAM PLUS AL-AZHAR KOTA MOJOKERTO

Penulis

  • Aris Zeni Fatimah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan motorik kasar anak sebelum diajar menggunakan permainan
tradisional sunda manda dan setelah menggunakan permainan tradisional sunda
manda pada kelompok A TK Islam Plus Al-Azhar Kota Mojokerto (2)
mendeskripsikan interaksi permainan tradisional sunda manda terhadap
kemampuan motorik kasar pada kelompok A TK Islam Plus Al-Azhar Kota
Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-
Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok A TK Islam Plus Al-Azhar
Kota Mojokerto sebanyak 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak
perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan
media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah
(Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan
dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
motorik kasar anak sebelum diajar menggunakan permainan tradisional sunda
manda dan setelah menggunakan permainan tradisional sunda manda pada
kelompok A TK Islam Plus Al-Azhar Kota Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi
permainan tradisional sunda manda terhadap kemampuan motorik kasar pada
kelompok A TK Islam Plus Al-Azhar Kota Mojokerto.

 

Kata kunci: permainan tradisional, kemampuan motorik kasar

Referensi

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Pena Persada.

Hanafi, M. Z. (2019). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Deepublish.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir

Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Kaharuddin. (2018). Mencetak Generasi Anak Shaleh dalam Hadits. Deepublish.

Kartika, T., & Abdulloh, Ha. (2019). Implementasi Permainan Tradisional Sunda Manda Dalam

Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Pertwi II Kemasan Sawit Boyolali

Tahun Ajaran 2018/2019. Surakarta: IAIN Surakarta.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.

Noordiati, S. (2019). Asuhan Kebidanan, Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Malang: Wineka Media.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Muhammadiyah University Press.

Preedy, P., Sanderson, K., & Ball, C. (2018). Early Childhood Education Redefined: Reflections and Recommendations on the Impact of Start Right. Taylor & Francis.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara.

Simbolon, D. (2019). Pencegahan Stunting Melalui Intervensi Gizi Spesifik pada Ibu Menyusui Anak Usia 0-24 Bulan. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian

Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Susianty Selaras Ndari, A. V. K. M., Dewi, R. S., & Kafkaylea, A. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT. BintangWahyu.

Zakwan Adri, M. P. P. (2019). USIA IDEAL MASUK SD: Sebuah Pendekatan Psikologi. Gre Publishing.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09