KAITAN METODE PRAKTIKUM DENGAN KETERAMPILAN KERJA SAMA PADA MATERI IPA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ardia Rahma Putri Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstrak

Pada pembelajaran guru harus kratif, inovatif dan menarik pada
pembuatan rancangan kegiatan. Rancangan kegiatan terdapat komponen penting
di dalamnya yaitu metode serta keterampilan pembelajaran. Metode yang sering
di gunakan pada materi IPA yaitu metode praktikum merupakan penunjang
kegiatan pembelajaran untuk menemukan prinsip tertentu atau menjelaskan
tentang prinsip-prinsip yang dikembangkan. Untuk melancarkan atau
mengantisipasi hambatan-hambatan yang terjadi di metode praktikum maka
diperlukan keterampilan kerja sama. Keterampilan kerja sama bagian penting
dari perspektif sosioemosional. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa
keterampilan kolaboratif memiliki dampak yang signifikan terhadap hubungan
sosial yang menghasilkan sesuatu yang positif. Hal ini mempengaruhi kondisi
mental individu, yang jika tidak terbiasa akan berdampak negatif pada
penyesuaian diri anak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kaitan metode
praktikum dengan keterampilan kerja sama pada materi ipa kelas 4 sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode study literatur dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan bahwa metode praktikum sangat berpengaruh pada
keterampilan kerja sama antar guru dengan siswa dan siswa antar siswa. Jadi
metode praktikum ada kaitannya dengan keterampilan kerja sama berguna untuk
meningkatkan hasil belajar.

 

Kata Kunci: Metode Praktikum; Keterampilan kerja sama; Pembelajaran
IPA

Referensi

Abdullah, Ramli. 2017. “PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN.†Lantanida Journal 4(1):35. doi: 10.22373/lj.v4i1.1866.

Aldianita, Vio. n.d. “STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KERJASAMA ANAK PADA MASA NEW NORMAL DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LAMONGAN.â€

Astuti, Tri. n.d. “MANAJEMEN PRAKTIKUM PEMBELAJARAN IPA.â€

Fahrezi, Iszur, Mohammad Taufiq, Akhwani Akhwani, and Nafia’ah Nafia’ah. 2020. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(3):408. doi: 10.23887/jippg.v3i3.28081.

Hartanto, Rizal Septa Wahyu. n.d. “STUDI LITERATUR : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE AUTOCAD.â€

Masruri, Masruri. 2020. “IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI DAN ALTERNATIF SOLUSINYA DI SMA NEGERI 1 MOGA: -.†Perspektif Pendidikan dan Keguruan 11(2):1–10. doi: 10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5259.

Nisaurrasyidah, Ida, Z. S. Soeteja, and Nanang G. Prawira. 2021. “PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL SAAT PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP.†10.

Nuraiha, Nuraiha. 2020. “Pelaksanaan metode pengajaran variatif Pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung jabung timur Kabupaten tanjab timur.†Jurnal Literasiologi 4(1). doi: 10.47783/literasiologi.v4i1.132.

Sandika, Dinda, Andi Taufan Bayu, and Ihsan Hasani. n.d. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Tendangan Depan Pencak Silat Dengan Metode Latihan Plyometric.â€

Sar’iyyah, Nining. 2019. “PENGGUNAAN MODEL STAD BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SDI WATUJARA.†INVENTA 3(1):46–52. doi: 10.36456/inventa.3.1.a1802.

Wulandari, Ayu-. 2022. “INDIKATOR-INDIKATOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3).†NAROTAMA JURNAL TEKNIK SIPIL 6(1):24–29. doi: 10.31090/njts.v6i1.1873.

Zahara, Rita, Agus Wahyuni, and Elmi Mahzum. n.d. “PERBANDINGAN PEMBELAJARAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DAN METODE PRAKTIKUM BIASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA.â€

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09