PENERAPAN PERMAINAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA KELOMPOK A TK HARAPAN JEJEL NGIMBANG LAMONGAN

Penulis

  • Anissa Anissa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan menulis permulaan anak yang diajar sebelum menggunakan permainan
media kartu huruf bergambar dan setelah menggunakan permainan media kartu
huruf bergambar pada kelompok A TK Harapan Jejel Ngimbang Lamongan (2)
mendeskripsikan interaksi permainan media kartu huruf bergambar terhadap
kemampuan menulis permulaan pada kelompok A TK Harapan Jejel Ngimbang
Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-
Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok A TK Harapan Jejel
Ngimbang Lamongan sebanyak 19 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8
anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes
menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis
Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan
pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat
Perbedaan kemampuan menulis permulaan anak yang diajar sebelum menggunakan
permainan media kartu huruf bergambar dan setelah menggunakan permainan
media kartu huruf bergambar pada kelompok A TK Harapan Jejel Ngimbang
Lamongan; 2) Terdapat Interaksi permainan media kartu huruf bergambar terhadap
kemampuan menulis permulaan pada kelompok A TK Harapan Jejel Ngimbang
Lamongan

 

Kata kunci: kartu huruf bergambar, menulis permulaan

Referensi

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Arsyad, A. (2005). Metode Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Berliyani, M., Jaya, M. T. B. S., & Surahman, M. (2017). Aktivitas Permainan Kartu Huruf Bergambar Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Collen, A. (2003). Systemic Change Through Praxis and Inquiry. Transaction Publishers.

Dalimunthe, S. S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies. Deepublish.

Farida, N. U. R. (2012). Korelasi Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV SD Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Goodson, B., Layzer, C., Simon, P., & Dwyer, C. (2009). Early beginnings: Early literacy knowledge and instruction. Washington, DC: National Institute for Literacy.

Hasan, M. (2009). Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Diva.

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2018). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Himawanto, Y. N. H. W. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai(Edisi Pertama). Prenada Media.

Jahrir, A. S. (2020). MEMBACA. Penerbit Qiara Media.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional.†UPI Sumedang Press.

Mertens, D. M. (2005). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. SAGE Publications.

Muslim, A. H. (2020). Media Pembelajaran PKn di SD. Pena Persada.

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.

Pitalis Mawardi B, S. P. M. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, dan Best Practice: Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Ayra Luna.

Pitarto, E. (2018). Mengenal Aksara Jawa dengan Metode AMBAR. Komunitas Wedangjae.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Muhammadiyah University Press.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sinar. (2018). Metode Active Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Sumengkar, A. E. (2020). GOOD GREAT BEYOND: Menjadi pribadi penuh kesadaran diri menuju akreditasi mandiri. YKH.

Tim Edu Penguin, T. I. M. E. D. U. (2017). KISI-KISI TERBARU UN+USBN SMP/MTS 2018. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Umbara, R. P., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT. BintangWahyu.

Widharyanto, B., Dewi, R. P., Diman, T., & Maxima, M. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD: Pendekatan dan Teknis. Media Maxima.

Wirawan, O. (2013). Awas Berubah. Gramedia Pustaka Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09