PENERAPAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Anggelika Kristiani Bate’e Universitas Nias
  • Jeni Derana Laoli Universitas Nias
  • Serasti Dohona Universitas Nias
  • Indah Wijaya Lase Universitas Nias

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam
belajar. Kurangnya kreatifitas pendididik dalam mencari media pembelajaran
mengakibatkan kurangnya motivasi dan minat anak dalam proses pembelajaran
sehingga, hasil yang dicapai tidak sesuai dengan harapan pendidik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memaparkan kepada pendidik bahwa penerapan
metode permaian pada anak sekolah dasar dapat meningkatakan minat belajar
siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survei. Analisis
ini kami lakukan dengan cara mendistribusikan kuesioner melaalui form guna
untuk mengetahui apa saja yang dirasakan dan dialami oleh peserta didik
disekolah dasar sebelum pembelajaran bermain sambil belajar ini diterapkan.
Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah
kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memahami
fenomena pada subjek penelitian secara deskriftif. Hasil penelitian ini
menunjukan adanya pengaruh yang besar dalam pembelajaran peserta didik yang
masih duduk di bangku sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat dalam pembahasan
yang memaparkan bahwa peserta didik akan lebih termotivasi dan berinovasi
dalam belajar apa bila dalam proses pembelajaran diterapkan metode bermain
sambil belajar.

 

Kata Kunci: metode permainan; minat; motivasi.

Referensi

Dari buku

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiru and Research Design.SAGE Publication.

CRESWELL, J. W. (2007). RESEARCH DESIGN. Sage Pulbilcation.

Dr.Wahyudin Nur Nasution, M. A. (2018). Pengaruh Strategi pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Perdana Publishing.

Dr. Pupung Puspa Ardini, M. P. (2018). BERMAIN DAN PERMAINAN. Adje media Nusantara,nganjuk.

Dr.Yuliani Nurani, M. P. (2021). kuriklum bermain kreatif. PT. Indeks.

Dari Jurnal

Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Di

Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 106–123.

Hasil, M., & Siswa, B. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 10, 11–21.

Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 106–123. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6821

Hasil, M., & Siswa, B. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 10, 11–21.

Kurniati, P., Asri Untari, M. F., & Sulianto, J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga. Journal of Education Action Research, 4(4), 407.

Pratiwi, A., Hikmah, F., & Adiansha, A. A. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 1, 36–43.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi Prestasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1(83), 1–11.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. 2(2), 201–212.

Selly Caesarreta. Ahadi Sulissusiawan, S. (n.d.). Penerapan Media Permainan Kartu Dalam Pembelajaran.

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1)

Yurmalin, M. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1), 75–84.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09