KURIKULUM MERDEKA DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN: MENJAWAB TANTANGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21
Abstrak
Kurikulum Merdeka dan pengembangan perangkat pembelajaran yang
relevan dengan kebutuhan abad ke-21 menjadi fokus perhatian dalam
memperbarui pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis solusi yang berkelanjutan dalam pengembangan kurikulum dan
perangkat pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Metode yang
digunakan adalah studi pustaka kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa solusi-solusi yang ditemukan meliputi fleksibilitas kurikulum, pendekatan
interdisipliner, peningkatan keterlibatan peserta didik, pengembangan
keterampilan abad ke-21, serta pemantauan dan evaluasi berkelanjutan.
Fleksibilitas kurikulum memungkinkan penyesuaian konten pembelajaran dan
metode pengajaran sesuai dengan perkembangan era digital dan revolusi industri
4.0. Pendekatan interdisipliner mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dan
mempromosikan pemahaman holistik. Peningkatan keterlibatan peserta didik
mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran melalui penggunaan
teknologi dan metode interaktif. Pengembangan keterampilan abad ke-21 fokus
pada keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, pemecahan
masalah, literasi digital, dan kecakapan hidup. Pemantauan dan evaluasi
berkelanjutan mendukung peningkatan efektivitas dan kualitas pembelajaran.
Temuan ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan,
menghasilkan peserta didik yang kompeten, serta memberikan pembelajaran yang
relevan dan bermakna bagi masa depan mereka.
Â
Kata Kunci: Kurikulum merdeka; pengembangan kurikulum, pembelajaran.
Referensi
Abdiyah, L. 2021. “Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.†ELSE (Elementary School Education Journal) 5(2):127–36.
Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. 2022. “Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?†Jurnal Absis: Jurnal
Pendidikan Matematika Dan Matematika 5(1):568–82.
Arka, I. 2020. “Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kompetensi.†Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya 4(2):54–63.
Bahri, S. 2022. “Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):94–100.
Creswell, J. W. 2019. A Concise Introduction to Mixed Methods Research. SAGE publications. Durhan, D. 2020. “Integrasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pendidikan Agama Islam Dengan
Pendekatan Interdisipliner.†AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman 6(1):51–60.
Erlinawati, C, Bektiarso, S., & Maryani, M. 2019. “Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Pada Pembelajaran Fisika.†Fkip E-Proceeding 4(1):1-4.
Fahlevi, M. 2022. “Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka.†Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5(1):11–27.
Fatmayani, F. 2022. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengintegrasian Keterampilan Abad Ke-21 Melalui Sepervisi Akademik Di SMAN 2 Pinggir Kabupaten Bengkalis.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):3468–84.
Gusdwisari, B. 2020. “Digital Skill Education Concept, Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda Dan Mengurangi Tingkat Pengangguran Menuju SDGs 2030.†Digital Skill Education
Concept, Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda Dan Mengurangi Tingkat Pengangguran Menuju SDGs 2030.
Habibah, M. 2022. “Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka.†Sittah: Journal of Primary Education 3(1):76–
Mahardhika, G., & Lubis, N. 2022. “Analisis Evaluasi Formatif Di SD Negeri 05 Cipondoh.†MASALIQ 2(2):231–44.
Masyitah, S. 2019. “Analisis Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Dasar.†Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 5(5):551–58.
Maysyaroh, S., & Dwikoranto, D. 2021. “Kajian Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika.†ORBITA: Jurnal
Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika 7(1):44–53.
Moleong, L. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, Z. 2022. Selayang Pandang Ilmu Pendidikan. Penerbit NEM.
Nelisma, Y. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Perpektif Manajemen Pendidikan Islam.†Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(2):158–72.
Pradana, D., Nur, M., & Suprapto, N. 2020. “Improving Critical Thinking Skill of Junior High School
Students through Science Process Skills Based Learning.†Jurnal Penelitian Pendidikan IPA
(2):166–72.
Santika, I. Suarni, N. & Lasmawan, I. 2022. “Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide.†Jurnal Education and Development 10(3):694–700.
Sari, I., & Gumiandari, S. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Cirebon.†Journal of Education and Culture (JEC) 2(3):1–11.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. 2020. “Merdeka Belajar: Kajian Literatur.†Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra 13–28.
Suryaman, M. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.
Swandari, N., & Jemani, A. 2023. “Mitra Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Dan Problematikanya.†PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction 7(1):102–20.
Wahyuni, S. 2022. “Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6):13404-13408.
Wiranto, E. 2021. “Philosophical Groundwork for Multicultural Education.†Prosiding University Research Colloquium 770–83.
Zubaidah, S. 2016. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.†Seminar Nasional Pendidikan 2(2):1–17.