ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM SOAL PENGOLAHAN DATAMATEMATIKA PADA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aisyah Puspitasari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dela Katrin Alyamama Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahyu Dwi Anggita Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Matematika memiliki berbagai macam materi, salah satunya pengolahan
data. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi
siswa dalam penggolahan data matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kualitatif, di mana dalam penelitian ini menggunakan 3 sampel
subjek dari siswa kelas 5 di SDN Ujung XIII/38 Surabaya. Pada penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner wawancara,
dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dari 3 sampel subjek
didapatkan hasil kemampuan yang berbeda-beda. Pada kemampuan numerasi
yang tinggi terdapat 1 siswa dengan nilai 100 yang memenuhi tiga komponen
proses dari indikator kemampuan numerasi yang meliputi merumuskan masalah,
menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil jawaban. Pada kemampuan numerasi
yang sedang terdapat 1 siswa dengan nilai 75 yang memenuhi dua komponen
proses dari indikator kemampuan numerasi yaitu merumuskan masalah dan
menafsirkan hasil jawaban. Serta pada kemampuan numerasi yang rendah terdapat
1 siswa dengan nilai 50 yang memenuhi satu komponen proses dari indikator-
indikator kemampuan numerasi yaitu menerapkan konsep matematika.

 

 

Kata Kunci: Kemampuan Numerasi; Pengolahan Data Matematika; Kelas 5 Sekolah Dasar

References

Agustina, L., & Rusmana, I, M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1(7), 1–7. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. 11(1), 27–35.

Haliana, W. O., Kadir, Kodirun, & Saleh. (2018). Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari DItinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Disposisi Matematika. Jurnal

Pendidikan Matematika, 9(2), 218–228.

Mashuri Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2015). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. 3(2), 1–6.

Rahmah Nur. 2012. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khawarizmi. Volume 2. Oktober 2013. Halaman 1-10

Safuwan I.N.A, Kurniawati R.P, Mursidik E.M. 2022. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Volume 2, Juli 2022. Madiun: Universitas PGRI Madiun

Sari, D, R., Lukman, E, N., & Muharram, M. R. W. (2021). No TitlAnalisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi MinimumNumerasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 153–162.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Utaminingsih, R., & Subanji. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Materi Program Linear dalam Pembelajaran Daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, 4(1), 2615–4072. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya

Published

2023-08-09