UPAYA MENGEMBANGKAN NILAI, MORAL, DAN SIKAP SD MUHAMMADIYAH SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
Abstrak
Seorang individu yang pada ketika tertentu melakukan berbuatan
tercela ternyata melakukannya tidak selalu karena ia tidak mengetahui bahwa
perbuatan itu tercela atau tidak sinkron menggunakan adat -istiadat masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mengembangkan tingkah laku
seorang untuk menjadi individu yang baik. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data tertulis. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknologi dokumen. Hasil penelitian ini
menjelaskan pada fenomena sehari-hari selalu terdapat gradasi dalam intensitas
penghayatan serta pengalaman individu mengenai nilai-nilai tertentu, apapun
nilai tadi. Upaya-upaya yang dapat dilakukan adalah membuat pembicaraan yang
baik dan membuat situasi kondisi yang aman..
Â
Kata Kunci: nilai; moral; sikap; sekolah dasar.
Referensi
Azahra Dewanti Galuh1 , Delia Maharani2, Latifah Meynawati3, Dinie Anggraeni4, Yayang.(2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 2-8.
Kusnul Siyami1 Zaharuddin2. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Islam, 2-4.
Mardiana1, Muhammad Toto Nugroho2. (2021). Metode Penanaman Nilai Moral Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research (JBER), 2-4.
Nandia Kiranti1, Dinie Anggraeni Dewi2, Yayang Furi Furnamasari3. (2021). Pembelajaran Kewarganegaraan sebagai Upaya Peningkatan Moralitas Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2-6.
Prof. Dr. H. Sunarto, Dra. Ny. B. Agung Hartono. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Salsabila Deti1, Triana Lestari2. (2021). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1-4.