Model Pembimbingan Retaker UKMPPD: Kegiatan Mentoring, Mandiri dan Monitoring Dalam Upaya Meningkatkan Kelulusan
Abstrak
Persentase kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter peserta retaker khusus tingkat nasional yang mengikuti program bimbingan khusus tahun 2017 sebesar 28,7%. Peserta retaker FK UMM sampai bulan November 2017 mengalami peningkatan sebanyak 18 peserta. Upaya meningkatkan kelulusan retaker dengan melakukan program bimbingan peer-mentorship, belajar mandiri maupun progress tes namun jumlah retaker masih mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembimbingan retaker yang dapat meningkatkan persentase kelulusan UKMPPD, untuk itu perlu dikaji lebih dalam kegiatan mentoring, mandiri dan monitoring pembimbingan. Desain penelitian Quasi-eksperimental. Subjek peserta bimbingan retaker sejumlah 17 peserta yang mengikuti UKMPPD bulan November 2017 dan bulan Februari 2018. Analisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif diperoleh rerata nilai UKMPPD Nov 17 (pre) sebesar 58,45 dan terjadi kenaikan rerata nilai UKMPPD Feb 18 (post) sebesar 66,85, artinya nilai post lebih tinggi daripada nilail pre dan nilai post diatas nilai passing grade Nasional (66). Besarnya nilai pre dan post sebesar 8,40 yang secara statistik dianggap bermakna (sig = 0,000) artinya program bimbingan retaker dapat meningkatkan kelulusan UKMPPD dengan kenaikan nilai persentase berkisar 14,37% dan tingkat kelulusan retaker di bulan Februari 18 sebesar 70%. Model bimbingan melalui kegiatan mentoring, mandiri dan monitoring bagi retaker mampu meningkatkan persentase kelulusan UKMPPD.Referensi
Arjanggi, R. Suprihatin, T. 2010. Metode Pembelajaran Tutor Taman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara Sosial Humaniora, Vol 14. No 2.
Kambey, DR. Mustika, R. Gizela, BA. Sitompul, R. Utami, AE. 2017. Helping hands to jump the last hoop: Integrating peermentorship, personalised learning, progress test, and faculty development into a nation-wide program to help students who struggle to pass the national competency exam in Indonesia. An International Association for Medical Education/AMEE 2017 Abstract Book Monday 28th August.
Kemenkes, 2017. Pedoman Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Muhtadi A, 2009. Implementasi Konsep Pembelajaran “Active Learning†sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurusan Kurikulum dan Tehnologi Pendidikan FIP UNY-staff.uny.ac.id
Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta
Pamungkasari, ET. Probandari, A. 2012. Pengukuran Kemampuan Belajar Mandiri pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter. lppm.uns.ac.id/kinerja/files/jurnal/lppm-jurnal-2012-18072013102803.pdf
PNUKMPPD, 2018. Daftar Nilai Hasil Ujian Periode Februari 2018. http://aktivasi.pnukmppd.dikti.go.id
Rhohmad, N. Evi, Y. 2014. Model Pembelajaran Orang Dewasa. Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Santoso, SS. Lusida, N. Farida, I. Husaeni, AF. 2017. Analisis Efektivitas Pembimbingan Mahasiswa dalam Persiapan Mengikuti UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter) Terhadap Kelulusan UKMPPD Nasional Periode 2016. Proceeding Annual Meeting APKKM Ke-5 ISBN 978-602-6875-53-2
Sitompul R, 2017. Paparan Hasil Program Bimbingan Khusus Retaker UKMPPD. Program Kemitraan. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia.
Suardana, IK. 2012. Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, jilid 45 No 1
Sunhaji, 2013. Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1