PENDIDIKAN KARAKTER DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Abstrak
Karakter, terutama yang positif merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kemajuan bangsa, karena karakter akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku sehari-hari. Hal yang relatif tetap dibutuhkan dalam setiap era adalah moralitas, karakter dan berpikir kritis. Pentingnya karakter ini sebenarnya sudah kita sadari oleh para pendiri negara. Pendidikan karakter harus sampai kepada perasaan (moral feeling) dan tindakan (moral action), sehingga orang akan merasa malu, salah atau dosa jika tidak melakukannya. Dari profil tersebut bisa dikategorikan menjadi kecerdaan moral (beriman, bertaqwa dan beraklaq mulia. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut perlu melibatkan lembaga keluarga, masyarakat dan sekolah. Perlu ada pembagian tahapan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Keluarga merupakan tempat untuk membangun karakter. Metode pendidikan karakter yang paling efektif adalah melalui pembiasaan dan keteladanan. Oleh karena itu, guru harus menjadi role model dari moral dan karakater yang baik. Apapun yang dikatakan dan dilakukan oleh guru akan ditiru oleh anak (peserta didik).
Â
Kata Kunci: Moral; Pelajar Pancasila; PendidikanKarakter
Referensi
Hartoko, Dick. (ed). 1985. Memanusiakan Manusia Muda. Yogyakarta: kanisius.
Hanief Saha Ghafur, Pendidikan karakter Kepemimpinan Terbaik dalam http://www.nu.or.id/post/read/105609/pbnu-sebut-kepemimpinan-sebagai-pendidikan-karakter-terbaik.
Kurtines. M. William and Gerwitz L. Jacob. 1992. Moralitas, Perilaku Moral dan Perkembangan Moral. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Latif, Yudi. 2020. Pendidikan yang Berkebudayaan Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Jakarta: Gramedia
Lickona, Thomas. 1992. Educating for Character. New York: Bantam Books
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan karakter Solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Jakarta: Star Energy Ltd.
Ryan, E. James. 2017. Wait, What? and Life's Other essesntial Questions. New York: Harper Collin Publisher.
Saidah. 2012. Pendidikan Karakter Ala Amerika, Error! Hyperlink reference not valid. https://bangka.tribunnews.com/2012/01/21/
Tang, T., Vezzani, V., & Eriksson, V. (2020). Developing critical thinking, collective creativity skills and problem solving through playful design jams. Thinking Skills and Creativity, 37, 100696. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100696
Warsono, 2014. Pancasila-isme dalam Dinamika Pendidikan. Unesa: University Press.