IMPLEMENTASI METODE STEINBERG UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS RENDAH T.A 2021/2022
Abstrak
This study aims to determine the development of the application of the Steinberg method in learning Indonesian to improve students' creative thinking. The research subjects were grade 1 students at SDN Kuala Baru Laut, Aceh Province. This type of qualitative research with a case study design in the field. The method used in this research is the Steinberg method powerpoint based. The results of the analysis were then compared with the criteria for creative thinking to determine the level of application of the method in learning Indonesian. The application of the Steinberg method in class 1 Kuala Baru Laut achieved a score of 86%.
Â
Keywords: Steinberg method; Creative thinking; Indonesian; elementary school students.
Referensi
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran bahasa Indonesia yang Efektif diSekolah Dasar. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional.
Anggraeni, krisna. 2016. Efektivitas metode steinberg dengan media big book terhadap keterampilan membaca nyaring. Jurnal cakrawala pendas. Vol.2, No.1:83-94.
Azani, Teresa nur. 2018. Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flashcard untuk anak autis kelas V di SLB Mardi mulyo Kretek Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika. Vol,7 No.4:345-353.
Dini kinanti. Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam Mateatika melalui tugas Open-ended. Jurnal kreano, vol. 3, No. 2. Halaman 73-80 Desember 2012.
Dwiqi. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech UNDIKSHA volume 8 nomor 2. Halaman 17-20 2020
Efi,dkk. Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif untuk siswa kelas 3 SD pada materi sejarah uang menggunakan adobe flash professional CS6. Jurnal program studi PGSD volume 7 nomor 2. Halaman 85-92 2017.
Francine. Hubungan berpikir kreatif dan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas V SD strada bhakti nusa. Jurnal pendidikan dasar, 2015.
Firdausy armansyah, dkk. Multimedia interaktif sebagai media visualisasi dasar-dasar animasi. Jurnal kajian teknologi pendidikan volume 2 nomor 3 halaman 8-13 2019.
Hartai. 2010. Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia di kelas rendah. Bandung: UPI Pres.
Hartati, Tatat. 2014. Efektivitas metode steinberg dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar. Jilid 2 No.1, hlm 1-160.
Herimaria. Pengembangan multimedia interaktif menggunakan powerpoint dalam pembelajaran tematik. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar volume 5 nomor 2 halaman 3-8 2020.
Ikhsan faturohman, dkk. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui creative problem solving. Mosharafa: jurnal pendidikan matematika volume 9 nomor 1 halaman 17-21 2020.
Ikhtiari, dkk. Pengembangan multimedia interaktif Ceria (MIC) pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal pemikiran dan pengembangan SD volume1 nomor 4 halaman 70-73 2014.
Jumadika. Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SD Negeri 40 Ambon pada materi bangun datar. Jurnal Magister Pendidikan Matematika,Vol.1, No. Hal 93-103, oktober 2019.
Kasmawati. Kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Email:kasmawatidullah268@gmail.com
Kuswana, wowo sunarya. 2011. Taksonomi berpikir. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Kumalasari. Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal bidang pendidikan dasar volume 2 nomor 1A halaman 89-93 2018.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak berbakat. Jakarta Mudlofir, A. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mar’atush sholichah muntaha rahmi, dkk. Pengembangan media pembelajaran interaktif macro media flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International journal of elementary education volume 3 nomor 2 halaman 178-181 2019.
Muhammad istiqlal. Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. Jurnal pendidikan matematika volume2 nomor 1 halaman 40-43 2019.
Mawan, dkk. Pengembangan media pembelajaran interaktif IPA SD terintegrasi pendidikan karakter peduli lingkungan. Jurnal pendidikan dasar nusantara volume 6 nomor 2 halaman 18-21 2021.
Nuri cahyati, dkk. Pengembangan media interaktif dalam pengenalan kata bermakna pada anak. Jurnal pendidikan anak usia dini volume 9 nomor 2 halaman 70-75 2018.
Prastowo, Andi. 2011. Memahami metode-metode penelitian suatu tinjauan teoritis dan praktis. Jogyakarta: Ar-Ruzmedia.
Purbatua manurung. Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada masa pandemic covid 19. Jurnal ilmiah volume14 nomor 1 halaman 32-37 2020.
Puguh santoso. Pengembangan media interaktif menggunakan model assure untuk membantu guru dalam pembelajaran fisika tentang alat ukur listrik. Jurnal riset dan konseptual volume 4 nomor 2 halaman 18-22 2019.
Prasetya. Multimedia interaktif pada pembelajaran tematik untuk kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan volume 3 nomor 11 halaman 3-8 2019.
Rima, E. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: kata Pena.
Rizal abdurrozak, dkk. Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal pena ilmiah volume 1 nomor 1 halaman 87-92 2016.
Rudi julio arindiono, dkk. Perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal sains dan seni ITS volume 2 nomor 1 halaman 40-47 2013.
Saddhono, Kundharu dan st. Y. Slamet. Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia. Bandung: CV karya Putra Darwati. 2012.
Somadayo, Samsu. Strategi dan teknik Pembelajaran Membaca, Yogyakarta: Graha Ilmu. 2011.
Solchan, TW. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di sekolah Dasar. Jakarta: Universitas terbuka.
Sugiyono, 2012. Metode penelitian pendidikan, pendekatan Kuantitaif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sri hastuti noer. Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah open-ended. Jurnal pendidikan matematika volume 5 nomor 1 halaman 54-62 2011.
Syahrohni, dkk. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis computer dalam pembelajaran matematika materi bilangan pada kelas 3 SD. Jurnal formatif 7 (3):262-271. 2017.
Tarigan, Henry G. 2008. Membaca: sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung. PTAngkasa.
Tiara. Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran materi jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal review pendidikan dasar volume 4 nomor 3 halaman 3-8 2018.
Ulhaq. Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran IPA materi tata surya untuk kelas VI sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar volume 9 nomor 3 halaman 70-74 2021.
Wirda, Rahmani. Dkk. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Jurnal Ilmiah PGSD Volume 1, No. 2 halaman 118-125 November 2017.