COST LEADERSHIP PADA PENURUNAN PENDAPATAN SAAT PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE- 19 DI RESTORAN GRESIK KOTA BARU

Penulis

  • Anissah Septyaningrum Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anita Handayani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstrak

ABSTRACT

 

The current state of the coronavirus disease-19 pandemic has an impact on business people, especially in the culinary field such as restaurants, especially in Gresik Kota Baru. The impact experienced is a decrease in income. The decline in income makes every restaurant businessman must have a strategy for the future. Cost leadership strategy can be used as one way, namely by keeping costs as low as possible compared to competitors. This cost leadership is reducing costs below its competitors while at the same time still offering adequate value. Research conducted by researchers has limitations, namely only focusing on restaurants located in Gresik Kota Baru (GKB), researchers only explore cost leadership . So that future researchers can explore more scopes of objects in other places and not only focus on cost leadership . This research is a qualitative research with data collection techniques using interviews and informant data collection techniques using snowball sampling. The results of this study indicate that the application of cost leadership in cost advantage is carried out by creating efficiency from competitive prices, minimizing costs to achieve a product value which will later provide benefits for business continuity because increased income makes a business survive to create an opportunity in business.

Keywords                    : Cost Leadership; Cost Advantage; Benefits; Revenue

 

ABSTRAK

Kondisi pandemi coronavirus disease-19 sekarang ini memberikan dampak bagi pebisnis terutama di bidang kuliner seperti restoran khususnya di Gresik Kota Baru. Dampak yang dialami yaitu adanya penurunan pendapatan. Penurunan pendapatan itu yang menjadikan setiap pebisnis restoran harus mempunyai strategi untuk kedepannya. Cost leadership atau strategi kepemimpinan bisa dijadikan salah cara satu yaitu dengan menekan biaya serendah mungkin dibandingkan dengan para pesaing. Cost leadership atau kepemimpinan biaya ini adalah mengurangi biaya di bawah pesaingnya sementara pada saat yang sama masih menawarkan nilai yang memadai. Penelitian yang dilakukan peneliti memiliki keterbatasan yaitu hanya memfokuskan pada restoran yang berada di Gresik Kota Baru (GKB) saja, peneliti hanya menggali terkaiti cost leadership saja. Sehingga untuk peneliti yang akan datang bisa merambah lebih banyak cakupan objek ditempat lain dan tidak hanya memfokuskan pada cost leadership saja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan teknik pengambilan data informan menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaplikasian cost leadership dalam keunggulan biaya yang dilakukan yaitu terciptanya efisiensi dari harga yang bersaing, meminimalisasikan biaya untuk mencapai suatu nilai produk yang nantinya memberikan manfaat adanya keberlangsungan usaha karena pendapatan yang meningkat menjadikan suatu usaha bisa bertahan untuk menciptakan suatu peluang dalam bisnis.

Kata Kunci                  : Cost Leadership; Keunggulan Biaya; Manfaat; Pendapatan

Referensi

Cerdasco. 2019. Strategi Kepemimpinan Biaya. https://cerdasco.com/strategi-kepemimpinan-biaya/ diakses pada tanggal 30 November 2020

Hamidi. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. (2003). Manajemen Stragtegis. Yogyakarta: Penerbit Andi

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supono. 2014. Merodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Laura, Hardilawati W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10 (1), 89- 98

Lexy, J Moleong. 2004. Metodelogi Peneilitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosadakarya.

Moleong, Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Ninemeier, J.D & Hayes, D.K (2006). Restaurant Operation managemen: Principles and Practices. New Jersey: Prentice Hall.

Porter, Michael E. 1980. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Jakarta: Erlangga, terjemah Agus Maulana

Santoso, R. A., & Handayani, A. (2018). Manajemen Keuangan: Keputusan Keuangan Jangka Panjang. Gresik: UMG Press

Setiawan, Antonius Singgih. (2016). Pengaruh Pemilihan Strategi Diferensiasi Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Food & Baverage Terdaftar di BEI).Jurnal Akutansi, 20 (1). 104-116

Sinaga A, (2020). Strategi Keunggulan Bersaing Kedai Kopi Warkop Opos Doloksanggul. (Skripsi, Universitas Sumatera Utara, 2020) Diakses dari http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/28047

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif ,Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif ,Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sukandarrumidi. 2002. Metode Penelitian. Yogyakarta: gadjah Mada University Press.

Sukaris, A. K., Handayani, A., Rajiani, I., & Saepuloh, A. Antecedents Behavioral of The Millennial Generation Financial Management. International Journal of Technology and Engineering (IJRTE), 8 (4). 1583-1588.

The Green and Clean City. 2012. Gresik Kota Baru. http://www.gresikkotabaru.com, diakses pada tanggal 10 November 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-09