Pengaruh Teknologi Informasi, Manfaat, Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah Kota Tangerang Selatan)

Authors

  • Muhammad Iqbal
  • Asyari Hasan
  • Iva laili

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i1.8854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas teknologi informasi, manfaat, keamanan, dan fitur layanan secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat yaitu minat nasabah menggunakan internet banking pada bank BNI Syariah kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengambil sampel sebanyak 100 responden, dengan menggunakan metode non-probability sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel teknologi informasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan internet banking (nilai signifikansi sebesar 0,021 < 0,05), variabel manfaat  berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan internet banking (nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05), variabel keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat  menggunakan internet banking (nilai signifikansi sebesar 0,043 < 0,05), variabel fitur layanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan internet banking (nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05). Kemudian secara simultan diketahui bahwa seluruh variabel bebas (teknologi informasi, manfaat, keamanan, dan fitur layanan) dalam penelitian ini memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat (minat meggunakan) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Implikasi yang dapat diterapkan dari penelitian ini adalah edukasi kepada seluruh nasabah tentang fasilitas internet banking, hingga penambahan fitur internet banking guna memudahkan transaksi nasabah.

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

Iqbal, M., Hasan, A., & laili, I. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Manfaat, Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah Kota Tangerang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(1), 333–356. https://doi.org/10.30651/jms.v7i1.8854

Issue

Section

Artikel