Analisis Theory of Planned Behavior terhadap Intensi Pembelian Produk Laptop Ramah Lingkungan

Authors

  • Farhan Saputra Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Rizan Universitas Negeri Jakarta
  • Terrylina Arvinta Monoarfa Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24958

Abstract

Perubahan perilaku konsumen ke arah yang lebih ramah lingkungan semakin penting seiring meningkatnya kerusakan lingkungan global. Namun, banyak konsumen menghadapi kendala dalam memutuskan pembelian produk ramah lingkungan, terutama pada produk elektronik seperti laptop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Product Knowledge, Perceived Consumer Effectiveness dan Social Media Marketing terhadap Green Purchase Intention, dengan Attitude sebagai variabel mediasi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan individu yang mengetahui keberadaan laptop ramah lingkungan Laptop Acer Aspire Vero. Populasi penelitian adalah masyarakat di wilayah Jabodetabek, dengan sampel sebanyak 250 responden. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 27 untuk analisis deskriptif serta LISREL 8.8 untuk Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima Product Knowledge, Perceived Consumer Effectiveness dan Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap Green Purchase Intention, baik secara langsung maupun melalui mediasi Attitude.  Rekomendasi penelitian ini mencakup penguatan strategi pemasaran hijau melalui peningkatan edukasi konsumen terkait produk ramah lingkungan, pengoptimalan promosi pada media sosial, dan penciptaan konten yang mampu membangun sikap positif terhadap produk. Dengan strategi tersebut, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran dan niat pembelian konsumen terhadap produk ramah lingkungan

Published

2024-12-21

How to Cite

Saputra, F., Rizan, M., & Monoarfa, T. A. (2024). Analisis Theory of Planned Behavior terhadap Intensi Pembelian Produk Laptop Ramah Lingkungan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(5). https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24958

Issue

Section

Artikel