ANALISIS IMPLEMENTASI 3P (PROMOTION, PEOPLE, PROCESS) SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. CITRA ELEKTRINDO MANDIRI

Authors

  • Amalia Prima Regita Erly Saputri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syihabudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Isti Nuzulul Atiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24890

Abstract

Abstract

This study analyzes the implementation and challenges of Sharia-based promotion, people, and process in increasing sales volume at PT. Citra Elektrindo Mandiri. It also formulates strategies to enhance the effectiveness of Sharia-based promotion, people, and process in order to boost sales volume. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results indicate that the door-to-door system is effective in building relationships with customers but limited digital promotion hinders market reach. High employee turnover affects service stability and quality, while reliance on manual processes slows operational efficiency. Nonetheless, the company strives to uphold Sharia principles in promotion, people, and process by emphasizing honesty, transparency, trustworthiness, and fairness.

Keywords: PT. Citra Elektrindo Mandiri, Promotion, People, Process, Sales Volume

Abstrak

Penelitian ini menganalisis implementasi dan kendala promotion, people, dan process syariah dalam peningkatan volume penjualan di PT. Citra Elektrindo Mandiri. Serta, merumuskan strategi yang dapat diusulkan guna meningkatkan efektivitas promotion, people, process syariah dalam rangka meningkatkan volume penjualan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem door-to-door efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan, tetapi terbatasnya promosi digital menghambat jangkauan pasar. Tingginya pergantian karyawan mempengaruhi stabilitas dan kualitas layanan, sedangkan ketergantungan pada proses manual memperlambat efisiensi operasional. Meskipun demikian, perusahaan berusaha menjalankan prinsip-prinsip syariah dalam promosi, people, dan process, dengan menekankan kejujuran, transparansi, amanah, dan keadilan.

Kata kunci: PT. Citra Elektrindo Mandiri, Promotion, People, Process, Volume Penjualan

Published

2024-12-21

How to Cite

Erly Saputri, A. P. R., Syihabudin, & Atiah, I. N. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI 3P (PROMOTION, PEOPLE, PROCESS) SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. CITRA ELEKTRINDO MANDIRI. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(5). https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24890

Issue

Section

Artikel