Pengaruh BI Rate dan Inflasi terhadap Profitabilitas pada Perusahaan FinTech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Authors

  • Samsuddin Muhammad Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Muhammad Arif Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23546

Abstract

Financial Technologi (FinTech) merupakan industri layanan keuangan berbasis teknologi yang cukup berkembang pesat dan cukup diminati masyrakat belakangan ini. Namun,masih terdapat berbagai masalah yang dihadapi perusahaan FinTech termasuk masalah tingkat profitabilitas yang masih rendah dan masih sering mencatatkan kerugian. Berbagai faktor yang menjadi penyebab kerugian dan rendahnya profitabilitas FinTech di Indonesia diantaranya BI rate dan Inflasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BI Rate dan Inflasi terhadap profitabilitas perusahaan FinTech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diukur dengan menggunakan Return on Asset (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah data BI rate dan Inflasi yang diperoleh dari Bank Indonesia dan data Profitabilitas FinTech yang diperoleh dari OJK. Sampel penelitian ini adalah data BI rate, Inflasi dan Profitabilitas FinTech selama empat tahun terakhir (Januari 2021 – April 2024) dengan jumlah sampel berjumlah 40 sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BI rate dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap profitablitas FinTech.  Hasil ini dibuktikan dari nilai koefisien determinasi (R2) = 0, 387 yang berarti sebesar 38,7% perubahan-perubahan dalam variabel dependen (Profitabilitas) dapat dijelaskan oleh perubahan-perubahan dari BI Rate dan Inflasi. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan tehadap profitabilitas Perusahaan FinTech di Indonesia. Secara parsial, BI rate berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas FinTech dan Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas FinTech di Indonesia.

Kata Kunci :  BI rate, Inflasi, Profitabilitas

Author Biography

Samsuddin Muhammad, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Muhammad, S., & Muhammad Arif. (2024). Pengaruh BI Rate dan Inflasi terhadap Profitabilitas pada Perusahaan FinTech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(4). https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23546

Issue

Section

Artikel