Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Underpricing (Studi pada Perusahaan Sektor Consumer Cyclical dan Non-Cyclical yang Melakukan IPO di BEI Tahun 2020-2023)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.23130Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on equity, current ratio, ukuran perusahaan, persentase penawaran saham, umur perusahaan, dan reputasi underwriter terhadap tingkat underpricing. Variabel underpricing pada penelitian ini menggunakan dua proksi, yaitu initial return hari pertama (IR1) dan initial return hari ketujuh (IR7). Populasi yang digunakan adalah perusahaan sektor consumer cyclical dan non-cyclical yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2020-2023. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan total 71 perusahaan untuk model I (IR1) dan 62 perusahaan untuk model II (IR7). Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari Bursa Efek Indonesia dan website masing-masing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Eviews 12. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa return on equity berpengaruh negatif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR7, tetapi tidak berpengaruh saat menggunakan IR1. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR1, tetapi tidak berpengaruh saat menggunakan IR7. Persentase penawaran saham berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR1 maupun IR7. Reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR7, tetapi tidak berpengaruh saat menggunakan IR1. Sedangkan current ratio dan umur perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR1 maupun IR7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.