Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Underpricing (Studi pada Perusahaan Sektor Consumer Cyclical dan Non-Cyclical yang Melakukan IPO di BEI Tahun 2020-2023)

Dwi Cahyani (1), Agung Dharmawan Buchdadi (2), Titis Fatarina Mahfirah (3)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";}, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia,
(3) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on equity, current ratio, ukuran perusahaan, persentase penawaran saham, umur perusahaan, dan reputasi underwriter terhadap tingkat underpricing. Variabel underpricing pada penelitian ini menggunakan dua proksi, yaitu initial return hari pertama (IR1) dan initial return hari ketujuh (IR7). Populasi yang digunakan adalah perusahaan sektor consumer cyclical dan non-cyclical yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2020-2023. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan total 71 perusahaan untuk model I (IR1) dan 62 perusahaan untuk model II (IR7). Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari Bursa Efek Indonesia dan website masing-masing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Eviews 12. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa return on equity berpengaruh negatif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR7, tetapi tidak berpengaruh saat menggunakan IR1. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR1, tetapi tidak berpengaruh saat menggunakan IR7. Persentase penawaran saham berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR1 maupun IR7. Reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR7, tetapi tidak berpengaruh saat menggunakan IR1. Sedangkan current ratio dan umur perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap tingkat underpricing jika diukur menggunakan IR1 maupun IR7

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dwi Cahyani
dwicahyani_1705620022@mhs.unj.ac.id (Primary Contact)
Agung Dharmawan Buchdadi
Titis Fatarina Mahfirah
Cahyani, D., Buchdadi, A. D., & Mahfirah, T. F. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Underpricing (Studi pada Perusahaan Sektor Consumer Cyclical dan Non-Cyclical yang Melakukan IPO di BEI Tahun 2020-2023). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3). https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.23130

Article Details