Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan Investasi terhadap Keputusan Investasi Gen Z di Pasar Modal Syariah (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)

Salsabila Putri Silviani (1), Titin Agustin Nengsih (2), Puteri Anggi Lubis (3)
(1) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia,
(3) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemajuan teknologi dan pengetahuan investasi terhadap keputusan investasi gen z di pasar modal syariah pada mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dan analisis data yang digunakan adalah uji koefisien determinansi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 65 sampel mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi angkatan 2020-2022, dengan menyebarkan kuesioner skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemajuan teknologi (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai dari Thitung 2,040 > Ttabel 1,999 dan nilai Sig 0,046 < 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Pengetahuan investasi (X2) menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Thitung variabel pengetahuan investasi sebesar 2,346 > Ttabel 1,999 dengan nilai signifikansi sebesar 0.022 < 0.005. Sehingga kesimpulannya Ha diterima dan Ho ditolak. Kemajuan teknologi dan pengetahuan investasi secara bersama berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Diketahui nilai signifikansi untuk (X1) dan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap (Y) sebesar 0,005 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel (5,837 > 3,145). Maka kesimpulannya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini memiliki arti bahwa semakin tinggi tingkat kemajuan teknologi dan pengetahuan investasi maka semakin tinggi keputusan mahasiswa berinvestasi.


 


Kata kunci : Kemajuan Teknologi, Pengetahuan Investasi, dan Keputusan Investasi

Full text article

Generated from XML file

Authors

Salsabila Putri Silviani
psalsabila407@gmail.com (Primary Contact)
Titin Agustin Nengsih
Puteri Anggi Lubis
Salsabila Putri Silviani, Titin Agustin Nengsih, & Puteri Anggi Lubis. (2024). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan Investasi terhadap Keputusan Investasi Gen Z di Pasar Modal Syariah (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2). https://doi.org/10.30651/jms.v9i2.22756

Article Details