Pelaksanaan Accounting Keuangan Melalui Sistem Informasi Manajemen Keuangan (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Syamsul Arifin (1), Adib Khusnul Rois (2), Khoirul Arifah (3)
(1) universitas muhammadiyah ponorogo, Indonesia,
(2) universitas muhammadiyah ponorogo, Indonesia,
(3) universitas muhammadiyah ponorogo, Indonesia

Abstract

Pelaksanaan Accounting Keuangan Melalui Sistem Informasi Manajemen Keuangan Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai salah satu perguruan tinggi swasta Unggulan di Jawa Timur terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lembaganya, baik dari segi mutu akademik maupun non akademik. Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah pada aspek pengelolaan keuangan. Analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses pembukuan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo berbasis sistem keuangan terpadu (SIMKEU). Untuk melihat keunggulan dari sistem akan diuraikan sebagai berikut: a) sistem ini meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan akuntabilitas pelaporan anggaran yang terjadi selama periode tertentu; b) membantu transparansi penggunaan dana dengan laporan bulanan yang tertata dengan rapi dan jelas; c) ketepatan sistem SIMKEU dalam pencatatan transaksi yang ada; 4) pencatatan sistem yang menghindarkan adanya dobel anggaran, pendanaan anggaran yang belum terprogram, serta penyalahgunaan dana yang ada; dan 4) kemudahan mahasiswa dalam melakukan transaksi keuangan dan untuk mengetahui transaksi apa saja yang terjadi melaku Sistem Informasi Akademik.

 

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan (Yogyakarta: Aditya Media, 2008.

Bastian, Indra, Akuntansi Pendidikan Yogyakarta: Penerbit Erlangga, 2006.

Buku Pedoman Akademik 2016/2017 Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan. Manajemen Keuangan Sekolah, 2007.

Kasmir, Pengantar Manajemen Keuangan Jakarta: Kencana Prenanda Media Group, 2010.

Makmun, Abin Syamsudin, Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip Dan Aplikasi Dalam Mengelola Madrasah Dan Madrasah Bandung: Pustaka Educa, 2010.

Musnandar, Aries, Dunia Industri dan Pendidikan Malang: UIN Maliki Malang, 2011.

Nawawi, Hadar, Manajemen Strategik Organisasi NonProfit Bidang Pemerintahan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005.

Profil Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press, 2014).

SM. Lipham, The Principleship: Concepts, Competencies and Cosos London: Longmart, 1985.

Suharsini, Manajemen Pendidikan Yogyakarta: Aditya Media, 2008.

Sumber Internet:

Indeks Daya Saing Global Indonesia Duduki Peringkat 37 dari 140 Negara, dalam http://www.kemenkeu.go.id/Berita/indeks-daya-saing-global-indonesia-duduki-peringkat-37-dari-140-negara, diakses pada 11 Januari 2017.

Muslikhah Dwihartanti, Prinsip Pengelolaan Administrasi Keuangan (disampaikan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk Pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Umbulsejahtera Umbulmartani Ngemplak Sleman), 2016. Dalam http://staff.uny.ac.id/sites/ default/files/pengabdian/muslikhah-dwihartanti-mpd/materi-prinsip-pengelolaan-administrasi-keuangan.pdf, diakses pada tanggal 13 Januari 2017 pukul 10.00.

Transaksi dan Pengelolaan Keuangan Universitas Pasundan, dalam http://keuangan. unpas.ac.id/ home/uploads/file/TRANSAKSI_DAN_PENGELOLAAN_KEUANGAN.pdf diakses pada tanggal 13 Januari 2017 pukul 10.00.

Authors

Syamsul Arifin
Adib Khusnul Rois
adibkhusnulrois@gmail.com (Primary Contact)
Khoirul Arifah
Author Biography

Adib Khusnul Rois, universitas muhammadiyah ponorogo

ekonomi syariah
Arifin, S., Rois, A. K., & Arifah, K. (2023). Pelaksanaan Accounting Keuangan Melalui Sistem Informasi Manajemen Keuangan (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(3). https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.19612

Article Details