HUBUNGAN ANTARA KESEIMBANGAN DAN KELINCAHAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Helmalia Fayza Zahra (1), Fidyatul Nazhira (2), Kiki Rezki Faradhillah (3), Andy Sirada (4)
(1) Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia, Indonesia,
(2) Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia, Indonesia,
(3) Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia, Indonesia,
(4) Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Latar Belakang: Keseimbangan memiliki pengaruh yang besar dan kemampuan paling dasar pada perkembangan anak. Tingkat keseimbangan yang baik maka menghasilkan gerakan yang efisien dan efektif. Pada aspek ini perlunya aktifitas fisik yaitu kelincahan (agility). Kelincahan menjadi indikator bahwa keterampilan motorik kasar pada anak berkembang dengan baik. Kelincahan memiliki efek keseimbangan yang paling menonjol sehingga menciptakan gerakan yang efisien dan efektif saat melakukan gerakan ke arah yang berlawanan. Selain itu, keseimbangan dan kelincahan memiliki efek luas pada kualitas kehidupan. Tujuan: Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keseimbangan dan kelincahan pada anak sekolah dasar. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 130 siswa-siswi SD Negeri 02 Girijaya Garut berpartisipasi dalam penelitian ini, parameter yang digunakan adalah Standing Balance Test guna menilai tingkat keseimbangan dan Shuttle Run guna menilai tingkat kelincahan. Hasil: Berdasarkan hasil dari olahdata menggunakan SPSS 27.0 didapatkan hasil bahwa sebanyak 91 dari 130 responden (70,0%) memiliki nilai kesiembangan yang baik, setelah dilakukan uji korelasi diperoleh correlation coefficient spearman’s Rho keseimbangan dan kelincahan p=<0,001. Kesimpulan: Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian ini adalah adanya hubungan antara keseimbangan dan kelincahan pada anak sekolah dasar.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alya Sukma Bakti Meilana, Farahdina Bachtiar*, Condrowati, F.N. 2021 ‘Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dengan Indeks Massa Tubuh Pada Situasi Pandemi Covid-19’, Sains Olahraga Dan Pendidikan Jasmanii, 21(1), Pp. 1–10. Available At: Http://Sportscience.Ppj.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jss/Article/Download/58/64.

Hidayat, C. And Hiron, N. 2017 ‘Kajian Dan Perancangan Teknologi Sistem Pengukuran Agility Dengan Teknologi Wireless Sensor Network ( WSN )’, Siliwangi, 3(1), Pp. 161–166.

Irfan, M. Et Al. 2016 ‘Orally Disintegrating Films: A Modern Expansion In Drug Delivery System’, Saudi Pharmaceutical Journal, 24(5), Pp. 537–546. Available At: Https://Doi.Org/10.1016/J.Jsps.2015.02.024.

Khaironi, M. 2020 ‘Konsep Perkembangan Anak Usia Dini’, Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), Pp. 92–105. Available At: Https://Doi.Org/10.54045/Ecie.V1i1.35.

Muhsan, M. 2019 ‘Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Di Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (Analisis Tentang Perencanaan, Realisasi, Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Olahraga)’, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2), Pp. 117–125. Available At: Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V1i2.183.

Nadhir, S. And Norlinta, O. 2021 ‘Hubungan Remaja Selama Mengikuti Sekolah Daring Masa Pandemi Covid-19 Dengan Gangguan Keseimbangan Statis The Relationship Of Adolescents Duringschool Onlinein The Covid-19 Pandemic With Static Balance Disorders’.

Natal, Y.R. 2020 ‘Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Pendidikan Di Smp Negeri Se-Kecamatan Bajawa’, IMEDTECH (Instructional Media, Design And Technology), 4(1), P. 22. Available At: Https://Doi.Org/10.38048/Imedtech.V4i1.222.

Oktarifaldi, O., Syahputra, R. And Putri, L.P. 2019 ‘Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Usia 7 Samapi 10 Tahun’, Jurnal Menssana, 4(2), P. 190. Available At: Https://Doi.Org/10.24036/Jm.V4i2.117.

Pramadita, A.P. Et Al. 2019 ‘Hubungan Fungsi Kognitif Dengan Gangguan Keseimbangan Postural Pada Lansia’, Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 8(2), Pp. 626–641.

Rahman, D. And Hakim, A.A. 2022 ‘Pengaruh Modifikasi Aktifitas Fisik Keseimbangan Terhadap Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Pada Masa Adaptasi Kehidupan Baru’, Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), Pp. 197–204.

Wahyudi, Z.J. 2020 ‘Hubungan Keseimbangan Dan Kelincahan Dengan Hasil Dribbling Pemain Sepakbola Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang’, 20, Pp. 48–57.

Yosinta, S.I., Nasirun, M. And Syam, N. 2016 ‘Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok Septi Islinia Yosinta’, Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), Pp. 56–60.

Yulianti, E.N. And Fithroni, H. 2019 ‘Pengaruh Modifikasi Latihan Fisik Terhadap Kelincahan Pada Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun’, Jurnal Kesehatan Olahraga Vol, 07, Pp. 399–404.

Zuhriyah, L. And Kusumaningtyas, N. 2016 ‘Untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak, Dengan Menerapkan Berbagai Inovasi Pembelajaran Secara Variatif Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Yang Lebih Baik.’, Pp. 169–185.

Penulis

Helmalia Fayza Zahra
helmaliazhr@gmail.com (Kontak utama)
Fidyatul Nazhira
Kiki Rezki Faradhillah
Andy Sirada
Zahra, H. F., Nazhira, F., Faradhillah, K. R., & Sirada, A. (2023). HUBUNGAN ANTARA KESEIMBANGAN DAN KELINCAHAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Fisioterapi Muhammadiyah, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.30651/jar.v2i2.19683

Rincian Artikel