PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA POST OP ORIFFRAKTUR 1/3 RADIUS DISTAL SINISTRA DENGAN MODALITAS INFRA RED (IR) DAN TERAPI LATIHAN

Nur Susanti (1), Rindang Trie Damayanti (2)
(1) Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pekalongan, Pekalongan, Indonesia, Indonesia,
(2) Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pekalongan, Pekalongan, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Latar Belakang : Fraktur radius distal merupakan fraktur yang paling sering ditemukan dalam bidang kegawatdaruratan ortopedik yang melibatkan ektremitas atas. Problematika pada Fraktur Radius Distal adalah adanya nyeri, adanya penurunan kekuatan otot, adanya keterbatasan lingkup gerak sendi, dan adanya penurunan aktivitas fungsional. Dalam kasus ini teknologi intervensi yang dipilih untuk mengatasi permasalahan diatas menggunakan Infra Red (IR) dan Terapi Latihan. Penelitian ini dilakukan  di RSUD Bendan Kota Pekalongan. Tujuan : Mengetahui pengaruh management Fisioterapi terhadap post op orif fraktur 1/3 radius distal sinistra dengan  IR dan terapi latihan. Metode : desain penelitian deskriptif analitik dengan rancangan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah pasien dengan kondisi Fraktur Radius Distal akan diberikan intervensi fisioterapi dengan Infra Red (IR) dan Terapi Latihan. Metode pengumpulan data dan analisa data menggunakan metode interview autoanamnesis. Instrumen penelitian terdiri dari VAS (Visual Analogue Scale), MMT (Manual Muscle Teste), Goneometer, WHDI (Wrist And Hand Disability Index). Hasil : (1) terdapat penurunan nyeri T1=4 menjadi T6=2, (2) peningkatan kekuatan otot T1=3 menjadi T6=4, (3) lingkup gerak sendi dorso fleksi T1=30 menjadi T6=40, palmar fleksi T1=40 menjadi T=50, radial deviasi T1=15 menjadi T6=20, ulnar deviasi T1=20 menjadi T6=30, (4) peningkatan aktivitas fungsional T1=50% menjadi T6=24%. Simpulan penelitian ini bahwa modalitas fisioterapi dengan  Infra Red (IR) dan Terapi Latihan dapat membantu permasalahan yang timbul pada Fraktur Radius Distal.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adams. (2007). Adam's Outline of Fraktur Including Joint Injuries. Philadelphia: Churcill Livingstone.

Fitrocha. (2015). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Post Fraktur Colles 1/3 Distal Dekstra dengan Modalitas Infra Red dan Terapi Latihan.

Kisner. (1996). Therapeutic Exercise Fundation and Techniques:. Third edition. FA. Davis Company, Philadelphia..

Kuswardani. (2017). Pengaruh Terapi Latihan terhadap Post ORIF Fraktur Mal Union Tibia Plateu dengan Pemasangan Plate and Screw. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi (JFR), Vol. 1, No. 1.

Notoatmodjo, S. ( 2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, H. W. (2013). Penatalaksanaan fisioterapi pada post operasi fracture collum femur dextra dengan pamasangan austin moore prothese (amp) di rsud pandanarang boyolali. KTI.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rendy & Margareth, 2. (2018). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Intensitas Nyeri Pasien Pasca Operasi Fraktur Ekstremitas Bawah. I Putu Artha Wijaya, Volume 2 Nomor 1.

Singh. (2020). Pengaruh Infra Red dengan Massage Fisioterapi terhadap Tingkat Stres Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 15 No. 3 .

Suharto. (2016). Pengaruh Teknik Hold Relax terhadap Penambahan Jarak Gerak Abduksi Sendi Bahu pada Frozen Shoulder. Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 44, No. 2, 103 - 108.

Tantri. (2019). Gambaran karakteristik fraktur radius distal di RSUP Sanglah Tahun 2013-2017. Intisari Sains Medis, Volume 10.

Wahyono & Budi. (2016). Efek Lahitan Hold Relax dan Penguluran Otot Quadriseps Terhadap Peningkatan Lingkup Gerak Sendi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5 (1), 52-57.

Penulis

Nur Susanti
susantiimoto@yahoo.co.id (Kontak utama)
Rindang Trie Damayanti
Susanti, N., & Damayanti, R. T. (2023). PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA POST OP ORIFFRAKTUR 1/3 RADIUS DISTAL SINISTRA DENGAN MODALITAS INFRA RED (IR) DAN TERAPI LATIHAN. Jurnal Ilmiah Fisioterapi Muhammadiyah, 2(1), 27. https://doi.org/10.30651/jar.v3i1.17544

Rincian Artikel