PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KONDISI TORTICOLLIS SINISTRA ET CAUSA BELL’S PALSY CONGENITAL DEXTRA DENGAN MODALITAS INFRA RED, MASSAGE DAN TERAPI LATIHAN DI YPAC PROF. DR. SOEHARSO SURAKARTA

Andung Maheswara Rakasiwi (1), Meliana Prasetyo Rini (2)
(1) Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pekalongan, Indonesia,
(2) Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pekalongan, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

 

 

Latar Belakang: Torticollis sinsitra dengan bell’s palsy congenital dextra adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada nervus VII fasialis yang terjadi pada bayi baru lahir. Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penatalaksanaan fisioterapi terhadap kondisi tortikolis sinistra et causa bell's palsy dextra kongenital dengan modalitas Terapi Inframerah, Pijat dan Latihan. Subyek penelitian adalah pasien tortikolis sinistra et causa bell's palsy dextra kongenital dengan modalitas Terapi Inframerah, Pijat dan Latihan. Penelitian ini dilakukan di YPAC Prof. Dr. Soeharso Surakarta dengan desain penelitian deskriptif analitik. Metode: pengumpulan data adalah analisis data penelitian ini menggunakan metode heteroanamnesis, instrumen penelitian adalah pemeriksaan tumbuh kembang, spasme, refleks, sensorik, rentang gerak sendi, dampak bell's palsy dan dampak tortikolis. Hasil: Hasil penelitian didapatkan 4 perlakuan sebagai berikut: (1) terjadi peningkatan pertumbuhan dan perkembangan pada bidang motorik kasar dan bahasa (2) terjadi penurunan spasme dari T1 = 1 menjadi T4 = 0 (3) terjadi perubahan refleks pada T4 (4) terjadi peningkatan sensorik pada T4 (5) terjadi penurunan perbedaan panjang otot pada gerakan rotasi kanan dan gerakan fleksi lateral kiri pada T4 (6) terjadi penurunan dampak bell's palsy dengan skala Ugo Fisch di T4 (7) penurunan dampak tortikolis dengan skala TWSTRS di T4. Kesimpulan: Kasimpulan penelitian adalah intervensi fisioterapi dengan modalitas infra merah, pijat dan terapi olahraga dapat mengurangi masalah yang timbul pada kondisi tortikolis sinistra et causa bell's palsy dextra kongenital.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alimah. (2011). Pengaruh Infra Red, Message dan Terapi Latihan Pada Congenital Muscular Torticolis. Fisioterapi dan Rehabilitasi , 33.

Azizkhan. (2006). Tortikolis muskular kongenital dengan pemendekan otot sternokleidomastoideus kanan. Jurnal tortikolis kongenital , 6.

Cameon. (2013). Pengaruh Infra Red, Message dan Teerapi Latihan Pada Congenital Muscular Torticolis. Fisioterapi dan Rehabilitasi , 28.

Chamidah. (2009). Tumbuh kembang anak sehat. Journal anak sehat , 10.

Depkes. (2014). Pengaruh pemenuhan kesehatan anak terhadap perkembangan anak. Prosiding KS Riset & PKM , 1- 146.

Dewi, KC (2013), “Pengaruh pemberian masase local sebagai tambahan pemanasan terhadap kekuatan otot lengan†Artikel E-journal unesa, Vol 1. Nomor 2 tahun 2013.

Effendi. (2012). Kelainan kongenital.

Congenital journal , 24.

Freed. (2013). Tortikolis muskular kongenital. Jurnal biomedik , 7.

Harjono & Dumillah. (2007). Perbedaan pengaruh penambahan exercise dalam pencapaian posisi kepala yang simetris akibat torticollis. jurnal fisioterapi indonusa , 19.

Hidayat, S. (2019). Faktor-faktor yangberhubungan dengan kelainan kongenital pada anak di RSPAD Gatot Subroto. journal education of nursing (JEN) vol,2 No.2 , 9.

Imelda. (2013). Pengaruh Infra Red, Message dan Teerapi Latihan Pada

Congenital Muscular Torticolis.

Fisioterapi dan Rehabilitasi , 27.

Isnaini, W. (2017). Pemeriksaan Fisioterapi. In M. U. Press, Pemeriksaan Fisioterapi (p. 242). Jakarta: Muhammadiyah University Press.

Karlovits, 2012. Infant Torticollis Stretching Techniques. Kids Plus Pediatrics.

Keiser. (2012). Pengaruh Infra Red, Message dan Teerapi Latihan Pada Congenital Muscular Torticolis. Fisioterapi dan Rehabilitasi , 33.

Mardiman. (1994). Dokumentasi Persiapan Praktek Profesional Fisioterapi (DP3FT). In M. Sri Mardiman, Dokumentasi Persiapan Praktek Profesional Fisioterapi (DP3FT) (p. 91). Surakarta: akademi fisioterapi surakarta depkes RI.

Mardiman. (1994). Dokumentasi Persiapan Praktek Profesional Fisioterapi (DP3FT). Surakrta: Akademi Fisioterapi Surakarta Depkes RI.

Suci Amanati, dkk. (2018). Pengaruh Terapi Latihan Pada Developmental Delay Exercise Therapy Effect On Developmental Delay. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi (JFR) Vol. 2, No. 1 Tahun 2018, ISSN 2548-8716

Yuliarti, N (2010). Efek Pemberian massage Bayi dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi Normal Usia 0-6 Bulan di Posyandu Permata Hati. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Volume 2 No.2, Februari 2019 : Hal 125-131

Zainal abidin, dkk (2017). Pengaruh infrared, massage dan mirror exercise pada bell's palsy. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi (JFR) Vol.1, No. 2, Tahun 2017, ISSN 2548-8716.

Penulis

Andung Maheswara Rakasiwi
maheswaraandung@gmail.com (Kontak utama)
Meliana Prasetyo Rini
Rakasiwi, A. M., & Rini, M. P. (2023). PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KONDISI TORTICOLLIS SINISTRA ET CAUSA BELL’S PALSY CONGENITAL DEXTRA DENGAN MODALITAS INFRA RED, MASSAGE DAN TERAPI LATIHAN DI YPAC PROF. DR. SOEHARSO SURAKARTA. Jurnal Ilmiah Fisioterapi Muhammadiyah, 2(1), 9. https://doi.org/10.30651/jar.v3i1.17609

Rincian Artikel