Studi Pengetahuan Orang Tua tentang Gawai dan Pemberian Gawai pada Anak Usia 9-12 Tahun

Penulis

  • Anang Rusmianto Progam Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Kukuh Pambuka Putra

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.3475

Kata Kunci:

Pengetahuan orang tua, Gawai, Anak-anak

Abstrak

Improved technological developments can be felt throughout societies that can have a positive and negative effect. A parent’s knowledge will make the decision to give the child in charge. The purpose of this research is to describe the knowledge of parents about the gawais and the provision of gawais in children aged 9-12 years. The type of research used is quantitative descriptive. The population is a parent of elementary school students from Negeri Wonorejo 2 subdistrict of Semarang district. The number of respondents was 83 randomly picked people (random sampling). Collection of research data using questionnaires that have been tested for validity and reusability. The results showed that 55.4% of respondents knew about the function of gawais and 42.2% of respondents gave the child a gawai. From respondents who give the device only 19.4% that gives the child restrictions. The use of gawais provided by respondents is for entertainment, communication and for child control.

Biografi Penulis

Anang Rusmianto, Progam Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana

Departemen Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

Kukuh Pambuka Putra

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

Referensi

Al-Ayouby, M. Hafiz. 2017. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini.†In Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Ameliola, Syifa, and Hanggara Dwiyudha Nugraha. 2013. “Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi.†International Conference On Indonesian Studies; "Ethnicity and Globalization Vol. 5: 362–71.

Aryati, Tri. 2017. “Kontrol Sosial Orang Tua Kepada Anak Balita Dalam Penggunaan Gadget.†jurnal pendidikan sosiologi: 1–11.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Ke 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fadzil, Noorshahira Mohd, Mohd Yusof Abdullah, and Mohd Azul Mohamad Salleh. 2016. “The Level of Tolerance Sanctioning Children Using Gadgets by Parents Lead to Nomophobia: Early Age Gadgets Exposure.†International Journal of Arts & Sciences 9(2): 615–22.

Fahriantini, Eva. 2016. “Peranan Orang Tua Dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Blackberry Messenger.†eJournal Ilmu Komunikasi 4(4): 44–55.

Fajrin, Okky Rachma. 2015. “Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gadget Dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar.†IDEA SOCIETA 2(6): 1–33.

Indriyani, Maulita, Ari Sofia, and gian fitria Anggraini. 2014. “Persepsi Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini.†Universitas Lampung 35(2): 106–11.

Irawan, Jaka, and Leni Armayati. 2013. “Pengaruh Kegunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja.†journal An-Nafs Volume 08: 29–38.

Irmayanti, Yuli. 2018. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Prasekolah.†journal ilmiah.

Novitasari, W, and N Khotimah. 2016. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.†Jurnal PAUD Teratai volume 5: 182–86.

Nurfianti, Arina, and Abror Irsan. 2015. Skripsi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3- 6 Tahun) Di TK Swasta Kristen Immanuel. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Pertiwi, Maya Syulfharita, Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari, and Kukuh Pambuka Putra. 2018. “Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai Dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun.†Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 3(1): 28–34.

Putra, Kukuh Pambuka, Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari, and Theresita Febriane Manggena. 2017. “Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Tingkat Kognitif (Kecerdasan Logika-Matematika) Usia 8-9 Tahun.†Satya Widya Vol. 33 No: 146–53.

Rozalia, Maya Ferdiana. 2017. “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.†Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Vol. 5 No.: 722–31.

Saifullah, MOH. 2017. “Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Pola Tidur Pada Anak Sekolah Di UPT SDN Gadingrejo II Pasuruan.†Perpustakaan Universitas Airlangga.

Sari, Tria Puspita, and Amy Asma Mitsalia. 2016. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Di TKIT AL Mukmin.†journal Profesi 13(Maret): 72–78.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-12