Perbedaan Tingkat Kemampuan Tentang Asessment Nyeri Wong Baker Scale Pada Perawat Yang Diberikan Edukasi Menggunakan Media Handout Dan Audiovisual
Kata Kunci:
Tingkat Kemampuan, Assessment nyeri Wong Baker ScaleAbstrak
Nyeri adalah pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan akibat kerusakan jaringan, baik aktual maupun potensial. Penilaian nyeri merupakan hal yang penting untuk mengetahui intensitas dan menentukan terapi yang efektif. Tujuan umum penelitian ini mengetahui Perbedaan Tingkat Kemampuan Tentang Asessment Nyeri Wong Baker Scale Antara Perawat Yang Diberikan Edukasi Menggunakan Media Handout dan Audiovisual Di Ruang Hemodialisis RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain Pra Eksperimental dengan pendekatan One Shot Case Study yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 13 responden sebagai kelompok handout dan 13 responden sebagai kelompok audiovisual. Uji perbedaan tingkat kemampuan antara kelompok handout dan audiovisual menggunakan uji Mann Whitney dengan P value sebesar 0,011 (P < 0,05), artinya terdapat perbedaan tingkat kemampuan asessment nyeri wong baker scale pada perawat yang diberikan edukasi menggunakan media Handout dan Audiovisual Di Ruang Hemodialisis RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Pada kelompok Handout hampir semuanya 10 responden (76,9%) dalam kategori Baik, pada kelompok Audiovisual sebagian besar 8 responden(61,5%)dalam kategori Cukup. Belajar dengan handout lebih efektif daripada audiovisual karena memberikan kesempatan untuk membaca dan memproses informasi secara perlahan, serta kembali mengakses materi yang sulit dipahami. Responden dapat mengambil waktu untuk mengerti konsep dengan cermat, sementara video terlalu cepat dan sulit untuk dihentikan atau diulang.
Referensi
Arikunto, S.2016. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik.Rineka Cipta
Bahrudin, M. (2017). Patofisiologi Nyeri (Pain). Saintika Medika, 13(1), 7-13. Cohen, S. J.-D. (2018). Chronic stress, glucocorticoid receptor resistance, inflammation, and disease risk. Proceedings of the National Academy of Sciences, 115(9).
Creswell, J. W. ((2014)). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Dewi, n. h. (2016). pengaruh helath education dengan metode sosial support terhadap pengetahuan dan sikap dalam mencegah penyalahgunaan napza. Repository.UM Surabaya.
Dr. Ir. Sintha Wahjusaputri, M. A. ((2022)). Statistika Pendidikan: Teori dan Aplikasi. CV. Bintang Semesta Media.
Fraenkel, J. R. (2015). How to Design and Evaluate Research in Education.
McGraw-Hill Education.
Ginong. (2020). Perbandingan Interpretasi Skala Nyeri Antaranrs-Vas-Wbfs Oleh Pasien Pasca Operasi Elektiforthopedi Di Rsud Dr. Soetomo. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, Vol.8, No.3 hal 447-463.
Hidayat, A. (2017). Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Siswa Siswi Kelas X-XI Sma Muhammadiyah Sewon Bantul Yogyakarta. (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).
Holtsnider, L. (2020). Tetap Aktif: Bangun Ketahanan dan Berkembang Sambil Menghadapi Kanker. Seattle: Connie Morain Baker.
Keperawatan, K. (2021). Panduan Penilaian Praktik Keperawatan Profesional Berkelanjutan RSUD DR Moewardi. Surakarta: rsmoewardi.jatengprof.go.id.
Kusumawardani, S. (2021). Perbandingan Efektivitas Media Audiovisual Dan Leaflet Terhadap Kepatuhan Pembatasan Cairan Pasien Ggk. Jurnal Ilmu Kesehatan Media Husada.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, Hal. 33-39.
Li, M. L. (2020). The validity and reliability of the Wong-Baker FACES Pain Scale in adults with acute pain. Journal of clinical nursing, , 29(19-20), 3807- 3814.
Misniarti, Haryani. (2020). Efektifitas Akupresur dalam Menurunkan Skala Nyeri Pasien Hipertensi. Jurnal Keperawatan Raflesia, Volume 2 Nomor 1,
Naheed Ali, M. L. (2015). An Introduction for Patients and Caregivers. London: Rowman&Littlefield.
Notoatmojo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmojo, S. (2018). Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Oktaria, M. (2022). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Diet Hipertensi pada Lansia. JurnalIlmu Medis Indonesia (JIMI), SSN 2807-1697Vol 2, No 2, 2023, 69-75.
Patricia A. Potter, A. G. (2019). Fundamentals of Nursing Vol 2- 9th Indonesian edition. In A. Praptiwi. Elsevier Health Sciences.
Potter, P. (2017). Clinical Nursing Skills and Techniques (9th ed.,p. 1200). elsiveir.Inc.
Purnamasari, I. (2020). Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Kabupaten.
Jurnal Ilmiah Kesehatan 2020, 33.
Rini, P. S. (2021). In tingkat pengetahuan perawat tentang penerapan prinsip enam tepat dalam pemberian obat di ruang rawat inap (pp. 7-9). banyumas: IKAPI.
Silaen, H. (2018). Pengaruh Pemberian Konseling Dengan Tingkat. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, Vol. 4, No. 1.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Erdya Putriantini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)