Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Pola Tidur Bayi Usia 0 – 12 Bulan Di Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Endang Hartutik STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia
  • Titik Suhartini STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v8i2.18378

Keywords:

Pijat bayi, pola tidur bayi

Abstract

Pijat bayi telah dilakukan di Indonesia sejak turun temurun. Pijat atau sentuhan ringan pada bayi akan memberikan rasa aman dan nyaman. Pijat bayi sangat mempengaruhi pola tidur bayi, peningkatan kualitas atau lama tidur bayi yang dilakukan pemijatan disebabkan adanya peningkatan kadar sekresi serotonim yang dihasilkan saat pemijatan. Pola tidur juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan disekitar tempat tidur bayi. Lingkungan yang ramai dan tidak kondusif sangat berpengaruh pada kualitas tidur bayi. Selain faktor lingkungan, juga faktor nutrisi sebelum tidur. Bayi yang tiba-tiba merasa haus dan lapar akan membuat bayi cepat terbangun.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pijat bayi terhadap pola tidur bayi usia 0 – 12 bulan di Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di TPMB Ny. “E†di Dusun Kembang Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo, dengan total sampling sabanyak 20 responden yaitu ibu-ibu yang mempunyai bayi 0 – 12 bulan.

Hasil penelitian berdasarkan perbandingan data pola tidur bayi sebelum dan sesudah dilakukan pemijatan terlihat bahwa sebelum pemijatan sebagian besar bayi mengalami tidur sedang (70%) dan hanya 5% yang mengalami tidur nyenyak. Setelah dilakukan pemijatan sebagian besar bayi mengalami tidur nyenyak (90%). Hasil analisa data dengan menggunakan Spearman Rank diperoleh nila P 0,014 dengan α = 0,05 sehingga H1 diterima.

Kesimpulan dari hasil analisa data tersebut diatas, menunjukkan adanya pengaruh pijat bayi terhadap pola tidur bayi usia 0 – 12 bulan di Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo. Dengan demikian diharapkan bahwa pijat bayi sangat penting dilakukan secara rutin dengan jarak interval 1 – 2 minggu sekali, untuk mendapatkan pola tidur yang maksimal.

Author Biographies

Endang Hartutik, STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia

STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia

Titik Suhartini, STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia

STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia

References

Nurwinda Saputri. 2019. Pentingnya Manfaat Pijat Bayi Pada Bayi Usia 0 – 12 Bulan. STIKES Muhammadiyah. Pringsewu Lampung.

Roesli Utami. 2016. Pedoman Pijat Bayi. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Devi Dwi Kurniasari. 2020. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Lama Tidur Bayi Usia 3 – 6 Bulan di Desa Jemawa Kecamatan Jatianom Kabupaten Klaten.

Buku Panduan Pelatihan Baby Spa Treatment dan Relaksasi Pasca Melahirkan. GlobalMed Learning Center. 2014.

Harianah Akib. 2016. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kualitas Tidur Bayi di Desa Bedadung Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Notoatmodjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Elizabeth Sukmawati. 2020. Efektifitas Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Bayi.

Afroh Fauziah. 2018. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan dan Kualitas Tidur Bayi di Puskesmas Jetis Yogyakarta.

Published

2023-06-07