EFFORTS TO DEVELOP STUDENTS' AFFECTIVE COMPETENCIES THROUGH PAI LEARNING AT SDN 008 MUARA LAWA
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v4i2.28499Keywords:
Aspek Afektif, Guru Pendidikan Agama Islam, StrategiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya serta hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aspek afektif di SD Negeri 008 Muara Lawa. Aspek afektif yang ditelaah dalam artikel ini yaitu pengembangan empati siswa, tanggung jawab siswa, rasa saling menghormati siswa, kejujuran siswa, dan sikap tenggang rasa siswa. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap sumber utama yaitu Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 008 Muara Lawa, lalu untuk keabsahan data dilakukan pula triangulasi sumber dengan mewawancarai sumber lainnya yaitu guru mata pelajaran lain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa upaya atau strategi yang dilakukan oleh Guru PAI di SD Negeri 008 Muara Lawa dalam meningkatkan aspek afektif ialah dengan cara menciptakan suasana yang menyenangkan dengan aturan yang disepakati bersama, mencontohkan langsung dan mengapresiasi, memberikan pelajaran dengan metode yang variatif, serta dengan meningkatkan kompetensi Guru PAI itu sendiri. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara diperoleh pula hambatan Guru PAI dalam meningkatkan aspek afektif siswa di SD Negeri 008 Muara Lawa seperti pengaruh pergaulan dirumah dan minimnya dukungan orang tua, serta keterbatasan waktu.
References
Danial, Vatmawati, & Supiah. (2019). Membentuk Karakter Melalui Pembelajaran Ranah Afektif Peserta Didik Di SMP Negeri 8 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Gama Islam & Budi Pekerti, 1(2), 58–65.
Elyatul Mu’awanah, & Ita Nurmala. (2024). Analisis Integrasi Ranah Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah: Perspektif Kurikulum Merdeka. Advances in Education Journal, 1, 140–152.
Ibnu Azka, & Siti Suleha. (2023). Transformasi Moral: Strategi Progresif Lembaga Dakwah Nurut Tarbiyah Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sma 2 Negeri Gowa. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 88–95. https://doi.org/10.56444/nalar.v2i2.391
Manik, E. E. (2023). Student Character Building Through Hidden Curriculum based on Connectionism Theory. Devotion : Journal of Research and Community Service, 4(5), 1066–1071. https://doi.org/10.59188/devotion.v4i5.465
Mutmainna, M., Rahmawati, R., & Alwi, B. M. (2025). Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Abstrak PAI: Solusi Melalui Tahapan Perkembangan Kognitif Piaget dan Scaffolding Vygotsky. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(4), 5298–5305. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i4.10020
Purwaningsih, E., & Ridha, R. (2024). The Role of Traditional Cultural Values in Character Education. Pakistan Journal of Life and Social Sciences, 22(2), 5305–5314. https://doi.org/10.57239/PJLSS-2024-22.2.00396
Qamaruddin, H. S. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.
Ramdan Samadi, M., Nurishlah, L., & Mariam, S. (2023). Strategi Pengembangan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif Siswa Sekolah Dasar. TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 186–206. https://doi.org/10.69768/jt.v1i2.29
Said Hardianza, Fatma Sari, Rusyaid, Rosdiana, & Abdul Azis Khoiri. (2025). Optimalisasi Penggunaan Metode Pembelajaran PAI Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(1), 216–229. https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6809
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1, 18–22. https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/49
Tri Rahayu Erna Budiarti, A. Y. (2025). Al- Ma’lumImplementasi Metode Pembelajaran Tematik Integratif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDII Luqman Al Hakim Batam. Al-Ma’lumat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(3), 119–134.
Yilmaz, K. (2011). The Cognitive Perspective on Learning: Its Theoretical Underpinnings and Implications for Classroom Practices. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 84(5), 204–212. https://doi.org/10.1080/00098655.2011.568989



