Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Mendukung Pembelajaran PAI di SMA 66 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v4i2.27066Keywords:
motivasi belajar, generasi Z, pembelajaran PAI, teknologi digital, teknologi pendidikanAbstract
Pemanfaatan teknologi digital menawarkan peluang sekaligus tantangan unik. Teknologi digital berbasis pembelajaran muncul sebagai pendekatan inovatif yang berupaya memanfaatkan fitur-fitur dan daya tarik platform ini secara sengaja untuk tujuan pendidikan yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 66 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekinik pengumpulan data melalui wawancara, observasi. Hasil dari penelitian ini menunujukan bahwa penggunaan platform seperti wordwall, google form, whatsApp, dan Canva mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI. Guru memanfaatkan media ini untuk menyajikan materi secara interaktif, sementara siswa merespons positif karena metode ini sesuai dengan gaya belajar generasi Z. Namun, tantangan seperti distraksi dari gadget, kesenjangan akses teknologi, dan keterbatasan kompetensi guru juga teridentifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi digital berpotensi besar dalam memodernisasi pembelajaran PAI, asalkan didukung oleh desain pedagogis yang baik, pelatihan guru, dan kolaborasi antar-stakeholder.
References
Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Amiruddin, A. (2019). Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Dakwah Generasi Milenial. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 12(2), 135–150.
Hamid, S., Ijab, M. T., Sulaiman, H., Md. Anwar, R., & Norman, A. A. (2017). Social media for environmental sustainability awareness in higher education. International Journal of Sustainability in Higher Education, 18(4), 474–491. https://doi.org/10.1108/IJSHE-01-2015-0010
Kurniawan, R., & Fathurohman, I. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran PAI: Peluang dan Tantangan di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 128–139.
Purwanto, M. R., Saputra, H., & Fauzi, A. (2021). Islamic Education Learning Innovation Through Social Media in The New Normal Era. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 650–662. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1427
Rahmatullah, A. S., Mulyasa, E., Syahrani, S., Pongpalilu, F., & Putri, R. E. (2022). Digital era 4.0. Linguistics and Culture Review, 6, 89–107. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns3.2064
Sari, M., & Suryani, N. (2020). Social Media Based Learning: An Innovative Approach to Teaching and Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 012067. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012067%0A%0A
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaodih, E., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sosial Media Instagram pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 189–198.
Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (Edisi Kedua). Yayasan Obor Indonesia.
Hermawan, C. M., Aprillia, I., Rizky, M. Q., Billah, M., Fadhlurrahman, M., & Rosfiani, O. (2024). Jurnal Enigma in Education, 2(1). The Effect of Using Quizizz Learning Test Media on Thematic Learning Outcomes of Class II Students at MI Pembangunan UIN Jakarta. https://www.enigma.or.id/index.php/edu/article/view/38
Kuswiyanti, T. S., Hidantikarnillah, V., Rosfiani, O., & Fidiatul Adiyan. (2023). Using Artificial Intelligence (AI) to Improve Students’ Speaking Skills in Higher Education. Proceedings of EEIC. https://jurnal.usk.ac.id/EEIC/article/view/41081
Novita, A., Novita, A., Zakiyuddin, Rosfiani, O., & Hermawan, C. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Pada Kisah Nabi Ibrahim Dan Nabi Ismail Sebagai Asal Usul Hari Raya Idul Adha. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10933



