Analisis Kreativitas Siswa dalam Membuat Poster Persuasif melalui Media Canva dengan Model Pembelajaran PJBL pada Siswa Kelas 6C SDN Kauman 1 Kota Malang

Penulis

  • Rini Zahroh Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian
  • Arina Restian
  • Puguh Ismanto

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26247

Kata Kunci:

Literasi Teknologi, PjBL, Improvement, Learning Motivation, Windows Shopping, Canva

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitassiswa dalam membuat poster persuasif dengan menggunakanaplikasi Canva melalui penerapan model pembelajaran berbasisproyek (Project Based Learning, PJBL). Subjek penelitian adalahsiswa kelas 6C SDN Kauman 1 Kota Malang yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menitikberatkan pada pengembanganketerampilan berpikir kreatif, literasi digital, serta kemampuanmenyampaikan pesan persuasif melalui media visual. Penelitianmenggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulandata berupa observasi proses pembelajaran, analisis produk poster yang dihasilkan siswa, serta wawancara dengan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PJBL secaraefektif mendorong peningkatan kreativitas siswa, yang tercermindalam aspek keunikan desain, kejelasan dan kekuatan pesanpersuasif, serta estetika visual yang menarik. Selain itu, penggunaan aplikasi Canva sebagai media digital turutmemperkuat literasi teknologi dan daya cipta siswa dalam kontekspembelajaran abad ke-21. Temuan ini memberikan implikasipenting terhadap perancangan strategi pembelajaran inovatif yang memadukan teknologi dan pendekatan konstruktivis, guna menumbuhkan kompetensi esensial peserta didik secara holistik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-24 — Diperbaharui pada 2025-05-24

Versi

Cara Mengutip

Zahroh, R., Restian, A., Restian, A., & Ismanto, P. (2025). Analisis Kreativitas Siswa dalam Membuat Poster Persuasif melalui Media Canva dengan Model Pembelajaran PJBL pada Siswa Kelas 6C SDN Kauman 1 Kota Malang. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(1). https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26247