Implementation of Problem Based Learning Model in Energy Material to Enhance Critical Thinking Skills of Grade VI Students at SDN Kauman 1 Malang

Penulis

  • Aprilia Aurely Putri Fauzi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang
  • Puguh Hadi Ismanto SDN Kauman 1 Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26243

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Berpikir kritis, Energi

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Kauman 1 Malang melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi energi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Kauman 1 Malang tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 28 siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan melalui tes tertulis berbentuk soal uraian sebelum dan sesudah tindakan pada setiap siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk melihat peningkatan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model PBL.

Referensi

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Karwati & Priansa. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: ALFABETA

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sa’ud, U.S. (2011). Inovasi Pendidikan, Bandung: ALFABETA.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA. Bandung: Rizqi Press.

Tim Penyusun Bahan Ajar PLPG. (2010). Materi dan Metodologi IPA SD/MI. Bandung: Panitia Pelaksana PLPG Rayon 10 Jawa Barat.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-08 — Diperbaharui pada 2025-06-08

Versi

Cara Mengutip

Putri Fauzi, A. A., Restian, A., & Ismanto, P. H. (2025). Implementation of Problem Based Learning Model in Energy Material to Enhance Critical Thinking Skills of Grade VI Students at SDN Kauman 1 Malang. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(1). https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26243