Analisis Kreativitas Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Model Pembelajaran PJBL di SDN Kauman 1 Malang
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26241Kata Kunci:
Kreativitas, PjBL, Bangun Ruang, MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk implementasi model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dalam rangka meningkatkan kreativitas peserta didik dalam memahami materi bangun ruang di kelas 6C SDN Kauman 1 Malang. PjBL dipilih karena diyakini dapat secara efektif meningkatkan kreativitas, kerja sama, dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, yang mencakup observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi hasil karya peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kreativitas peserta didik, terutama dalam memahami materi bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL terbukti efektif dalam mengembangkan kreativitas siswa, baik dalam aspek imajinasi, analisis bentuk, maupun keterampilan kolaborasi. Secara keseluruhan, model ini memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran matematika di kelas 6C.
Referensi
Andita, C. D. & Kurniawati, A. F. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan, 2.
Dharmayani, N. K. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik pada Kompetensi Dasar Membuat Jamu dan Boreh/Lulur Perawatan Badan. Journal of Education Action Research.
Fauzy, A. (2023). Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Matematika Knisley dan Aplikasi Geometryx. Mathema Journal, 2.
Karisma, C. D., dkk. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 2.
Khasanah, U. N., dkk. (2024). Efektivitas Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis STEAM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 3.
Lismareni, N., dkk. (2024). Efektivitas PjBL terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Kelas VII Pada Materi Bangun Ruang Bola di SMP Negeri 2 Pagaralam Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2.
Ningrum, L. M. & Hasanudin, C. (2024). Pengenalan konsep dan Perhitungan Volume Bangun Ruang pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal IKIP PGRI Bojonegoro, 2.
Sari, E. M., dkk. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Materi bangun Ruang Sisi Datar untuk Peserta didik Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2.
Sasongko, T. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Materi Bangun Datar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3.
Susanto, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 19(2), 112-123.