Penerapan Model PBL Menggunakan Origami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas 2C SDN Kauman 1 Malang

Penulis

  • Mela Oktaviani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nur SDN Kauman 1 Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26239

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Pembelajaran, Project Based Learning, Matematika, origami, Pemecahan masalah

Abstrak

Matematika di tingkat sekolah dasar seringkali dihadapkan pada tantangan pemecahan masalah yang nyata, termasuk di dalamnya pemahaman tentang bangun datar. Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah secara lebih efektif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengimplementasikan PBL menggunakan media origami dan mengevaluasi dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 2C SDN Kauman 1 Malang yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari beberapa pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan pada siswa, dengan skor rata-rata meningkat dari tahap prasiklus ke siklus I dan akhirnya ke siklus II. Penerapan PBL dengan origami terbukti membantu siswa memahami konsep bangun datar melalui metode yang menyenangkan dan menyentuh aspek kreatif mereka.

Referensi

Arifin, M. (2021). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(2), 115–124.

Fitria, R., & Rahmawati, I. (2019). Keterampilan motorik dan pemahaman geometri siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 54–60.

Hadi, R., & Supriyadi, A. (2019). Penggunaan origami dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(3), 50–58.

Hidayati, D. (2023). Metode analisis data dalam studi pendidikan: Pendekatan terkini. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 24(1), 75–89.

Huda, M., Jasmi, K. A., Zakaria, G. N., Shahrill, M., Alwi, A., & Huda, C. (2018). Innovative teaching through problem-based learning: An effort to improve students’ critical thinking skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 194–201.

Mulyadi, T. (2021). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Edukasi, 18(1), 29–40.

Nurhayati, D., & Ningsih, R. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika dengan model PBL berbasis aktivitas kelompok di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 1200–1207.

Prasetyo, A., & Santosa, B. (2020). Efektivitas penggabungan metode observasi, tes, dan wawancara dalam mengukur hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(2), 123–136.

Rahmawati, S., & Kusnadi, T. (2022). Analisis terbaru dalam penelitian pendidikan: Metode dan aplikasinya. Jurnal Analisis Pendidikan, 22(3), 205–219.

Sari, I. P., & Setyaningsih, E. (2020). Penggunaan metode PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 47–58.

Situmorang, M., & Manalu, B. (2021). Implementasi metode PBL berbantuan media konkret dalam pembelajaran matematika SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(1), 45–53.

Utami, R. (2021). Pendekatan kombinasi metode penelitian dalam pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 45–58.

Wulandari, L., Putra, R., & Ismail, H. (2021). Pemanfaatan teknik analisis data dalam penelitian pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4), 321–335.

Wulandari, N. S., & Suparman, S. (2022). Media origami dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 115–124.

Yuliana, P., & Hamid, A. (2022). Efektivitas PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Metodologi, 21(2), 123–132.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-18

Cara Mengutip

Oktaviani, M., Restian, A., & Kumalasari, R. (2025). Penerapan Model PBL Menggunakan Origami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas 2C SDN Kauman 1 Malang. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(1). https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26239