Penerapan Model PBL Berbasis Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Kelas 1C SDN Kauman

Penulis

  • Fitriani Safa'ah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ratna Nur Kumalasari SD Negeri Kauman 1 Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26238

Kata Kunci:

Permainan edukatif, Kemampuan penyelesaian masalah, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis permainan edukatif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah matematika pada siswa kelas 1C di SDN Kauman 1 Kota Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis permainan edukatif ini secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah matematis. Model ini juga meningkatkan motivasi, partisipasi, serta keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi antar siswa. Permainan edukatif yang dirancang membantu siswa memahami konsep matematika dalam konteks nyata pun juga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, sejalan dengan teori belajar konstruktivis. Kendala seperti perbedaan pemahaman siswa dan keterbatasan waktu pun dapat diatasi dengan pendampingan intensif dan penyederhanaan permainan. Penelitian ini pun menyimpulkan bahwa PBL berbasis permainan edukatif merupakan pendekatan inovatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah dan keterlibatan siswa.

Referensi

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Jatmiko, J. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 17–20.

Ramadhani, N., Andriansah, M., Erfansyah, M., & Zuliana, E. (2024). Peran Permainan Edukatif Tangram Dalam Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Meningkatkan Pemahaman Bangun Datar Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(1), 11–21.

Rizqi, Hanifatur dan Eko A.S. (2024). Pengaruh Penggunaan Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Pra-Sekolah. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 2 (4), 65-71.

Rozhiqkha, R., Restian, A., & Aprilia, R. (2024). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Program Pejuang Subuh Di Sd Muhammadiyah 4 Batu. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1491–1495.

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59.

Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7.

Unaenah, E., Sari, A. P., Aini, F. A., & Widiati, W. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan dalam Memecahkan Masalah Matematika di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(3).

Wafom, K., Yulianto, A., & Rabia, S. F. (2023). Pengaruh Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Minat Belajar PKn. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 34.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-18

Cara Mengutip

Safa’ah, F., Restian, A., & Kumalasari, R. N. (2025). Penerapan Model PBL Berbasis Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Kelas 1C SDN Kauman. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(1). https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26238