Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL pada Materi Pengurangan Kelas 3 SDN Kauman 1

Penulis

  • Aurila Putri Marhaeni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian
  • Ratna Nur Kumalasari

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26237

Kata Kunci:

Pemecahan masalah, PBL, Pengurangan, Kelas 3, Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 3C SDN Kauman 1 melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) pada materi pengurangan bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes asesmen diagnostik dan formatif, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, yang tercermin dari kenaikan rata-rata nilai pre-test 55,32 menjadi 78,46 pada post-test. Selain itu, PBL juga berdampak positif terhadap minat dan motivasi belajar siswa. Penggunaan teknologi, media visual, dan permainan berbasis masalah menciptakan pengalaman belajar yang menarik, interaktif, dan relevan bagi siswa. Penerapan PBL yang melibatkan kolaborasi kelompok, peer teaching, dan media konkret juga memperkuat pemahaman siswa terhadap materi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Referensi

Amalia, N., Mujianto, G., & Yudiantoro, K. (2022). MODEL PEMBELAJARAN PBL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT KELAS IVA SDN 2 GIRIMOYO. Pedagogy, 8(1), 28–39.

Andini, R. N., Yusritawati, I., Yanti, R., & Saraswati, L. (2023). Analisis Persepsi Siswa terhadap Pentingnya Matematika dalam Kehidupan Sehari-Hari di Dua Kelas SMAN 1 Cigugur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2193–2200. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.441

Fajariah, F., & Mirza, A. A. (2024). Optimalisasi Proses Pembelajaran melalui Penerapan Metode Pengajaran Interaktif di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Solusi Bersama : Jurnal Pengabdian Dan Kesejahteraan Masyarakat, 1(4), 110–117. https://doi.org/10.62951/solusibersama.v1i4.812

Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib, 1(1), 31–38. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Fauziyah, T. A., & Isnawati. (2017). Pengembangan Media Permainan Sains Quarter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Ketrampilan Berkomunikasi. E-Journal Unesa, 5(2), 131–137.

Hidayah, R. W., Sesanti, N. R., & Nurfiana, F. (2024). Penerapan Model PBl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Dengan Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Gadungan 02 Kabupaten Blitar. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1, 2024. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Aprilliya, M., & Gustavisina, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2322–2336.

Kurniawati, I., & Joko Raharjo, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019.

Kusumawardhana, Sahriya, Y., & Santosa, B. (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3).

Maharani, W., Irawati, R., & Syahid, A. A. (2017). PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING BERSTRATEGI ACT IT OUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).

Ma’mun. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NU JUNTINYUAT INDRAMAYU MELALUI PENERAPAN METODE ASSURE. 28 |JURNAL SINAU, 7(1).

Mulyati, T. (2011). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Eduhumaniora, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807.

Mulya, Yuma. C. P., & Fantiro, F. A. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PERFORMA PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENINGKATAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 JUNREJO KOTA BATU. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4379–4392.

Nasaruddin. (2013). Karakteristik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Al-Khawarizmi, 2, 63– 76.

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN CENGKLONG 3. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Nurissamawati, B. (2023). Pengembangan E-modul Materi Pengolahan Data Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD.

Sari, L. N. (2018). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTsN 2 PADANGSIDIMPUAN. Logaritma, 6(2).

Setyawan, A. (2024). KURIKULUM MERDEKA DAN PEMBELAJARAN INKLUSIF: UPAYA MENGINTEGRASIKAN NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Pendidikan Islam, 21(1).

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 4280. http://e-mosharafa.org/

Sumiantari, N. L. E., Suardana, N., & Selamet, K. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA KELAS VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1).

Suwarti, Indawati, N., & Sumanarahati, I. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok Melalui Model PjBL Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Togatorop, I. M., Pratiwi, I., & Siregar, A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS III SD NEGERI 064971 MEDAN TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Didaktik :Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 355–366.

Wibowo, N. (2016). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2).

Winarsih, & Nisa, A. F. (2023). Paper Mode Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Wulandari, I., Alim, J. A., & Putra, M. J. A. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Pengukuran Panjang dan Berat untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7078– 7092. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2633

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-18

Cara Mengutip

Putri Marhaeni, A., Restian, A., & Nur Kumalasari, R. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL pada Materi Pengurangan Kelas 3 SDN Kauman 1. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(1). https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26237