Peran Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran: Analisis Pengaruh Terhadap Motivasi Siswa

Authors

  • Febri Dwi Yanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wiwi Wikanta Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v4i2.25121

Keywords:

Motivasi Belajar, Peran Peserta Didik

Abstract

Artikel ini mengkaji peran peserta didik dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar anak. Dalam proses pembelajaran, keterlibatan aktif peserta didik memainkan peran penting dalam menentukan efektivitas pembelajaran. Berbagai bentuk peran yang dapat dilakukan peserta didik, seperti partisipasi aktif dalam diskusi, kolaborasi dalam kelompok, dan pengambilan inisiatif dalam pembelajaran mandiri, menjadi pendorong utama dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian menunjukkan bahwa ketika peserta didik diberdayakan untuk berperan secara aktif, mereka cenderung memiliki motivasi yang lebih tinggi, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Artikel ini juga menyoroti strategi pembelajaran yang relevan untuk mendukung peran aktif peserta didik, seperti pembelajaran berbasis proyek, penggunaan teknologi interaktif, dan pendekatan kolaboratif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa peran peserta didik yang optimal memiliki dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar mereka.

References

Askhabul, K. (2017). PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Jurnal Pendidikan Agama Islam , vol 3, Nomor 1.

Deviyanti TA, D. (2020). PERAN MOTIVASI BELAJAR PADA HUBUNGAN ANTARA FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR . Jurnal ekonomi dan Akuntansi (JEBA), Vol 22 No 4.

Hutapea, E. T. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital. Jurnal Ilmiahh Teologi , 1-14.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17-32.

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Silaswati, D. (2022). MEMPERSIAPKAN KELAS YANG KONDUSIF DALAM UPAYA OPTIMALISASI FOKUS BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary Education, Vol 5, Number 6.

Sukmadinata. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Supriani, d. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Al-Amar, 1-10.

Tan Heidyani Jane, d. (2013). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS IV DAN V DI SD NEGERI KAWANGKOAN KALAWAT. Journak Keperawatan , vol 1.Nomor 1.

Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT RakeyanSantang Karawang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi, 234–242.

Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen,Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan

Published

2025-11-11

How to Cite

Febri Dwi Yanti, & Wikanta, W. (2025). Peran Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran: Analisis Pengaruh Terhadap Motivasi Siswa. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(2). https://doi.org/10.30651/jses.v4i2.25121