Engaging Minds: The Impact of Project-Based Learning in Junior High Education at SMPM 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.24700Kata Kunci:
PJBL, keterlibatan siswa, kemampuan berfikir kritisAbstrak
Artikel ini mengkaji potensi transformasi dari Project-Based Learning (PBL) sebagai metode pengajaran untuk siswa SMP di SMPM 1 Surabaya. Dengan menitikberatkan pada partisipasi aktif dan kerja tim, PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta motivasi siswa. Studi ini mengulas penelitian sebelumnya, menganalisis penerapan PBL di SMPM 1 Surabaya, dan membahas pengaruhnya terhadap prestasi akademik serta keterampilan hidup siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL tidak hanya memperkuat pencapaian akademik siswa tetapi juga membekali mereka dengan kompetensi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan.
Referensi
Bender, W. N. (2020). Project-based learning: Differentiating instruction for the 21st century. Corwin Press.
Hattie, J., & Donoghue, G. (2016). Learning strategies: A synthesis and conceptual model. Nature Partner Journals Science of Learning, 1(1), 1–13.
Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S. (2019). Problem-based learning: Goals for learning and strategies for facilitating. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2), 55–75.
Suh, J., Kim, S., & Kim, J. (2021). The effects of project-based learning on self-efficacy and academic achievement in middle school students. Journal of Educational Psychology, 115(3), 198–212.
Zainuddin, Z., & Halili, S. H. (2022). Flipped classroom research and trends from different field of studies. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 23(3), 1–28.