Pengaruh Pembelajaran Teks Rekon Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas IX

Penulis

  • Moh Fakhrur rozi umsurabaya
  • Purnama Edhi Wicalsono SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.24698

Kata Kunci:

teks rekon, kemampuan menulis, kuasi eksperimen

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran teks rekon terhadap kemampuan menulis siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IX di SMP Negeri X. Pembelajaran teks rekon difokuskan pada pengenalan struktur teks, ciri kebahasaan, dan penerapan melalui tugas menulis. Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk mengukur perbedaan signifikan antara kemampuan menulis sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teks rekon memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa, terutama dalam penguasaan struktur teks dan penggunaan bahasa yang sesuai. Dengan demikian, teks rekon dapat dijadikan media efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP.

 

Kata Kunci: teks rekon, kemampuan menulis, pembelajaran, siswa kelas IX, kuasi-eksperimen

Referensi

Hidayat, A., & Handayani, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Teks Rekon terhadap Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(2), 123-135.

Mulyadi, E. (2019). Penerapan Pembelajaran Teks Rekon dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 45-56.

Rohman, A. (2018). Strategi Pembelajaran Menulis Teks Rekon di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(3), 200-211.

Suyanto, A. (2017). Pembelajaran Teks Rekon: Teori dan Praktik di Kelas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Depdiknas. (2006). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTS. Jakarta: Depdiknas.

Emilia, E. (2010). Teaching Writing: Developing Critical Learners. Bandung: Rizqi Press.

Pardiyono. (2007). Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi.

Suparno, P., & Yunus, A. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Depdiknas. (2006). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTS. Jakarta: Depdiknas.

Emilia, E. (2010). Teaching Writing: Developing Critical Learners. Bandung: Rizqi Press.

Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Essex: Longman.

Pardiyono. (2007). Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi.

Suparno, P., & Yunus, A. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-18

Cara Mengutip

rozi, M. F., & Edhi Wicalsono, P. (2025). Pengaruh Pembelajaran Teks Rekon Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas IX. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(1). https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.24698